Ilustrasi bersepeda (dok: Rodalink)

Catat, Ini 5 Kota di Indonesia yang Punya Rute Gowes Asik dan Ramah Pesepeda

16 December 2021   |   14:55 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Bersepeda menjadi kultur baru di tengah pandemi Covid-19. Kini, di jalanan makin sering terlihat orang atau rombongan pesepeda untuk sekedar berolahraga atau bahkan bersepeda ke kantor (bike to work).Makin banyaknya pesepeda, infrastruktur kota pun dituntut untuk bisa mengakomodasi pesepeda.

Namun, kalian perlu tahu nih, di beberapa kota, pesepeda sudah diakomodasi dan dibuatkan jalur tersendiri. Di sisi lain, juga ada kota yang punya rute gowes menarik untuk dieksplor lebih jauh.

Kota mana saja ya yang punya rute bersepeda menarik untuk dijelajahi? Berikut daftarnya mengutip Rodalink:

1. Jakarta

Jakarta (dok: Rodalink)

Jakarta (dok: Rodalink)

Sebagai Ibu kota negara dengan populasi yang cukup padat, Jakarta kini dituntut juga untuk mengakomodasi pesepeda. Hal itu pun direspons dengan baik oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan membuatkan lajur pesepeda di sejumlah ruas jalan. Bahkan, di pusat kota Jakarta, kini sudah ada jalur sepeda terproteksi.

Jalur sepeda terproteksi di Jakarta dibangun sepanjang 11,2 km di ruas jalan Sudirman-Thamrin. Jalur selebar 2 meter itu mengular dfari Bundaran Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta juga berencana membangun jalur sepeda di seluruh ibukota hingga 2030 mendatang. Rencannanya akan ada jalur sepeda sepanjang lebih dari 500 km yang mengelilingi penjuru ibu kota.

Selain bersepeda di jalur sepeda, Jakarta juga punya destinasi wisata yang ramah dengan pesepeda. Diantaranya adalah kawasa Kota Tua dan Monumen Nasional. Riders juga bisa lho bersepeda di area Taman Margasatwa Ragunan, kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dan Kawasan Pantai Indah Kapuk yang sedang hits.

Meski demikian, dengan tingkat kepadatannya, bersepeda di Jakarta juga menjadi tantangan tersendiri bagi pesepeda. Nah, untuk kalian, selalu utamakan keselamatan dan share the road ketika berada di jalan ya.

2. Bogor

Bogor (dok: Rodalink)

Bogor (dok: Rodalink)

Dikenal sebagai kota hujan, Bogor ternyata punya banyak rute bersepeda yang asyik dan menantang. Kontur kota yang merupakan daerah pegunungan, memberikan banyak tantangan berupa jalur menanjak bagi pesepeda. Bukan hanya di jalan raya, terdapat juga banyak rute gowes XC di Bogor bagi pecinta MTB lho.

Beberapa rute bersepeda di Bogor menawarkan sejumlah pemandangan alam yang ciamik lho riders, misalnya saja ke arah KMO Sentul, Curug Nangka, dan Kawasan Puncak.

Bila mencari rute yang lebih bersahabat tanpa harus menanjak tinggi, Bogor juga punya banyak destinasi bersepeda yang asyik. Salah satunya kawasan Kota Bogor dan Kebun Raya Bogor yang pastinya bakal bikin adem bersepeda disana.
 
1
2


SEBELUMNYA

Inilah 6 Karya Terpilih Tampil di Parade Pertunjukan Seni Media Baru 2021

BERIKUTNYA

Gen Z Bisa Banget Lho Bisnis Bermodal Smartphone, Begini Caranya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: