Apa pun motivasinya, setiap calon wirausahawan dapat memperoleh manfaat dari mempelajari peran yang sebenarnya. (Photo by Ryoji Iwata on Unsplash)

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang 10 Mitos Kewirausahaan

30 May 2021   |   00:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Manajer Konten Hypeabis.id

7. Semua tanggung jawab jatuh pada pemilik usaha.

Kesalahpahaman lain tentang menjalankan bisnis baru adalah bahwa ada satu penanggung jawab yakni pemilik bisnis. Ini mungkin benar pada tahap paling awal, tetapi ini adalah jalur cepat menuju kelelahan dan kejenuhan. Kolaborasi dan pendelegasian tugas adalah kunci kesehatan perusahaan. Tidak ada yang bisa melakukan dan menciptakan bisnis sukses sendirian.
 

Ilustrasi (Dok. Ian Schneider/Unsplash)

Ilustrasi (Dok. Ian Schneider/Unsplash)

8. Kunci rahasia menuju sukses.

Dalam bisnis, banyak pengusaha sukses mempromosikan kesan bahwa mereka telah menemukan semacam kunci rahasia menuju sukses. Kenyataannya adalah bahwa tidak ada satu kunci sukses pun. Jika ada, kesuksesan wirausaha membutuhkan serangkaian ide dan sumber daya yang berbeda yang harus bersatu pada waktu dan tempat yang tepat.
 

9. Bisnis membutuhkan seseorang dengan gelar MBA di posisi pimpinan.

Persepsi yang membingungkan adalah kesalahan dalam hal wirausahawan dan gelar bisnis. Beberapa pemilik startup memiliki gelar di bidang teknik, misalnya; mereka menggunakan pengetahuan teknis yang mendalam untuk mengidentifikasi celah dalam teknologi dan merancang solusi. Pendiri startup sukses lainnya bahkan ada yang tidak memiliki gelar akademik sama sekali.
 

10. Berhenti adalah untuk pecundang.

Salah satu kesalahpahaman terakhir adalah gagasan bahwa wirausahawan harus mempertahankan segalanya - apa pun yang terjadi. Namun kenyataannya tidak setiap ide akan berkembang menjadi perusahaan yang berkelanjutan. 

Berhenti mungkin terlihat seperti kegagalan, tetapi sebenarnya, itu adalah bagian umum dari perjalanan wirausaha dan dapat memberikan pelajaran yang sangat penting. Oleh karena itu, mengetahui kapan harus berhenti dan beralih ke ide berikutnya sangatlah penting.


Editor: Indyah Sutriningrum
1
2


SEBELUMNYA

Ingin Cantik Natural Seharian? Ini Dia Tips dari Bos MS Glow

BERIKUTNYA

Waduh, Twitter Kembali Tunda Proses Verifikasi Centang Biru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: