Ilustrasi tas belanja (Sumber: Shutterstock)

6 Jurus Memenangkan Hati Konsumen

24 May 2021   |   00:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id


3. Otoritas. 

Orang akan mengikuti pendapat ahli karena kredibilitas mereka. Fisioterapis, misalnya, dapat membujuk sebagian besar pasiennya untuk menerima diagnosis dengan ijazah yang ditempel di dinding di kantor mereka. Penting untuk menunjukkan kepada orang lain apa yang membuat Anda kredibel dan memiliki otoritas berpengetahuan sebelum mencoba memengaruhi mereka.

 

Ilustrasi (Dok Toralf Thomassen/Unsplash)

Ilustrasi (Dok Toralf Thomassen/Unsplash)


4. Konsistensi. 
Di satu jalan, hanya sedikit orang yang mau menaruh papan atau kain di halaman depan rumah untuk mendukung kampanye mengemudi yang aman. Tetapi di jalan lain, lebih dari separuh orang melakukannya. Mengapa? Karena 10 hari yang lalu mereka sepakat memasang kartu kecil di jendela rumah mereka untuk mendukung kampanye tersebut. Kartu kecil itu adalah komitmen awal yang menghasilkan peningkatan 400%.

Ketika mencoba mempengaruhi seseorang dengan menggunakan asas konsistensi, Anda perlu mencari komitmen sukarela, aktif, dan publik serta menuliskannya untuk dilihat banyak orang.

5. Simpati
Orang lebih suka mengatakan ya mereka orang lain yang menyukai mereka. Apa yang membuat seseorang menyukai yang lain? 

Dalam serangkaian studi dari dua sekolah bisnis, sekelompok mahasiswa MBA diberitahu untuk menerima gagasan bahwa "waktu adalah uang" dan segera mulai bernegosiasi. Dalam kelompok ini, 55 persen anak muda mampu mencapai kesepakatan dengan masyarakat. 

Kelompok kedua diberitahu untuk bertukar beberapa cerita sebelum memulai negosiasi dan untuk mengidentifikasi kesamaan yang mereka bagi dengan orang-orang. Dalam kelompok ini 90 persen siswa mampu mencapai hasil sukses.

6. Konsensus
Orang suka meniru tindakan orang lain dan menilai manfaatnya. Hotel biasanya meletakkan kartu kecil di kamar mandi untuk membujuk para tamu agar menggunakan handuk lebih dari satu kali Ini dengan memberi tahu mereka tentang manfaat bagi lingkungan.

Strategi ini berhasil menumbuhkan sifat baik yang baru hingga 30 persen. Bagaimana jika di kartu disebutkan bahwa 75 persen tamu menggunakan kembali handuk mereka? Mengubah beberapa kata tentang apa yang telah dilakukan tamu lain akan pesan yang paling efektif.


Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Alami Gangguan Tidur? Hati-hati dengan Efek Buruk Ini

BERIKUTNYA

4 Tips Merawat Perhiasan 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: