Ilustrasi ban mobil yang benjol (dok: Suzuki Indonesia)

Penyebab Ban Mobil Benjol & Dampaknya untuk Keselamatan Berkendara

17 November 2021   |   12:43 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Dampaknya untuk Keselamatan Berkendara

Dilihat dari kondisi fisik ban yang benjol, kalian mungkin akan meremehkannya. Kemudian terus menggunakan ban tersebut untuk bepergian kemanapun. Namun Anda tidak tahu bahwa ada resiko besar yang terjadi jika terus mengendarainya. 

Ban yang benjol tidak mampu lagi menahan tekanan dari beban mobil serta gesekan pada aspal. Resiko terbesarnya adalah ban akan pecah atau mengalami kebocoran. 

Ketika ban pecah akan sangat berbahaya jika Anda mengemudi dalam kecepatan tinggi. Kecelakaan dapat kapan saja terjadi karena ban yang tiba-tiba meletus. 

Jadi semua penyebab ban mobil benjol ini harus dicermati dan jangan dianggap remeh. Kalian pun yang memperhatikan munculnya benjolan pada ban sebaiknya jangan mengendarainya. 

Jika terpaksa harus pergi ke bengkel, kendarai mobil dengan kecepatan rendah dan hindari jalanan yang berbatu. Kalian pun sebaiknya jangan menunda untuk mengganti ban lagi karena ban sudah tidak layak digunakan.


(Baca juga: Musim Hujan Tiba, Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Ban Mobil?)


Dilihat dari kondisi fisik ban yang benjol, kalian mungkin akan meremehkannya. Kemudian terus menggunakan ban tersebut untuk bepergian kemanapun. Namun, kalian tidak tahu bahwa ada resiko besar yang terjadi jika terus mengendarainya. 

Ban yang benjol tidak mampu lagi menahan tekanan dari beban mobil serta gesekan pada aspal. Resiko terbesarnya adalah ban akan pecah atau mengalami kebocoran. 

Ketika ban pecah akan sangat berbahaya jika kalian mengemudi dalam kecepatan tinggi. Kecelakaan dapat kapan saja terjadi karena ban yang tiba-tiba meletus. 

Jadi, semua penyebab ban mobil benjol ini harus dicermati dan jangan dianggap remeh. Kalian pun yang memperhatikan munculnya benjolan pada ban sebaiknya jangan mengendarainya. 

Jika terpaksa harus pergi ke bengkel, kendarai mobil dengan kecepatan rendah dan hindari jalanan yang berbatu. kalian pun sebaiknya jangan menunda untuk mengganti ban lagi karena ban sudah tidak layak digunakan. 


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Instagram Jajal Fitur Verifikasi Menggunakan Video Selfie

BERIKUTNYA

Free Fire Jadi Mobile Game Paling Banyak Diunduh Oktober 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: