Ilustrasi ban serep (dok: Simple Tire)

Simak Tips Aman Menggunakan Ban Cadangan dengan Ukuran Berbeda di Mobil

02 December 2021   |   15:51 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Cuaca yang makin tidak teratur membuat pengemudi harus selalu waspada dalam menghadapi kondisi jalanan. Kondisi jalan yang basah maupun kering bisa menyebabkan kerusakan pada ban secara tiba-tiba dan memaksa kita untuk mengganti dengan ban serep atau spare tyre.

Namun, apakah ban serep itu sama dengan ban biasa? Ban serep sementara atau ban cadangan pada mobil masa kini cenderung lebih kecil, tipis, dan lebih ringan dibanding ban biasa atau bawaan mobilnya.

Ban ini tidak boleh dipakai terus menerus atau harian karena memiliki tapak ban tipis akibat dari bentuknya dan harus memutar lebih banyak daripada ban biasa.

Tak perlu berpanjang lebar, berikut ini adalah tips aman memberikan tips aman untuk memakai ban serep saat kondisi darurat mengutip Hankook Tires;

1. Kenali kondisi ban serep mobil kalian
Kalian pasti memiliki ban serep atau ban cadangan yang siap menggantikan ban mobil kalian jika terjadi kerusakan. Apalagi jika ban serep tersebut sudah dicocokkan dengan baik dan benar sehingga kalian bisa mengemudi dengan normal.

Namun, bukan berarti kalian tidak mengganti ban tersebut. Karena ban serep sementara memiliki tapak dan keausan yang berbeda dari ban lainnya. Sehingga bisa menyebabkan efek samping terhadap handling kendaraan kalian dan berpotensi buruk.

2. Berkendara dengan pelan jika memakai ban cadangan
Hindari berkendara dengan kecepatan di atas lebih 80 km/h. Jika kalian tidak yakin, berkendaralah di sisi kiri jalan dan jika satu arah kemudikan kendaraan kalian di jalur darurat agar pengemudi lain bisa melewati kalian. Pakailah lampu hazard di malam hari agar pengemudi lain tahu bahwa kalian tidak mengemudi dengan normal.
 

Ilustrasi ban cadangan/Toyota Astra

Ilustrasi ban cadangan/Toyota Astra


3. Batasi jarak tempuh kendaraan kalian
Biasanya dalam buku panduan kendaraan kalian tertera spesifikasi durabilitas jarak ban serep sementara kalian. Karena makin jauh berkendara dengan ban serep, maka akan muncul beberapa tekanan pada diferensial, roda gigi, dan pelat kopling yang bisa merusak.

4. Ketahui pengaruh ban serep terhadap kendali kendaraan
Selalu ingat bahwa ban tidak bekerja sendiri dan menjadi bagian dari satu sistem yang terhubung dengan perangkat, komponen, bahkan sistem lainnya.

Menggunakan ban serep jelas akan mempengaruhi kendali mobil kalian, khususnya saat pengereman dan cornering. Ban serep juga akan mematikan sistem keamanan kendaraan kalian seperti stabilitas kontrol elektronik dan kontrol traksi.

5. Cek ban serep secara berkala
Ini dilakukan khususnya jika kalian akan bepergian jauh. Cek tekanan ban serep terlebih dahulu sesuai dengan buku panduan kalian, karena kondisi cuaca dan temperatur mempengaruhi tekanan ban meskipun tidak digunakan.

6. Ganti ban serep dengan ban baru secepatnya
Demi menghindari hal buruk saat berkendara, kalian lebih baik menggantinya dengan ban baru yang sudah diseimbangkan dan diselaraskan dengan ban lama kalian yang lain oleh tenaga ahli profesional. Karena, fungsi utama ban serep adalah menolong kalian dalam situasi darurat di jalanan, bukan untuk jangka panjang.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Aktor Pedro Alonso Ungkap Rencana Spin Off Serial 'Money Heist'

BERIKUTNYA

Resep Pudding Roti Tawar Cokelat yang Manis & Lembut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: