Ilustrasi ban mobil (dok: Unsplash/Petr Urbanek)

Mobil Kalian Boros Bensin? Cek Penyebabnya Nih!

24 September 2021   |   19:15 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang punya kendaraan bermotor, khususnya mobil tentunya ingin konsumsi bahan bakar mobil kalian irit. Selain dapat menghemat biaya operasional, hal tersebut juga lebih ramah lingkungan karena penggunaan bahan bakar menjadi lebih sedikit.

Namun, hal tersebut bisa menjadi sulit tercapai karena ada sejumlah faktor yang bisa membuat mobil menjadi boros bahan bakar. Mengutip laman resmi Hyundai, berikut adalah 5 penyebab mobil boros bensin.
 

1. Tekanan Ban

Hal pertama yang wajib dicek adalah tekanan ban. Ketika tekanan ban di bawah dari rekomendasi, misalnya 28 Psi, maka akan menambah resistensi gelinding dari ban. Hal ini membuat mesin harus bekerja ekstra yang membuatnya boros bahan bakar.

Beberapa mobil yang dimodifikasi mungkin saja menggunakan ukuran ban yang lebih besar yang tentunya menciptakan masalah pada mobil. 
Hal ini menyebabkan beban gesek pada ban dan bobotnya akan bertambah. Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin. Jadi pastikan bahwa ukuran ban yang digunakan sesuai standar.
 

2. Kondisi Mesin

Kondisi mesin yang kurang prima bisa membuatnya menjadi tidak efisien. Semisal, lupa melakukan servis di bengkel resmi, sehingga mesin harus bekerja lebih berat demi memberikan performa yang serupa.
 

3. Kondisi Jalan

Kondisi jalan macet dan menanjak juga bisa membuat mobil jadi boros. Sebab, mesin harus bekerja lebih berat dan kondisi macet membuat mesin harus terus menyala meskipun sedang diam. Otomatis angka kilometer per liter pun akan turun karena idle.
 

4. Muatan

Muatan banyak akan menambah beban mobil dan mesin, sehingga kapasitas mobil terisi penuh. Konsumsi bahan bakarnya pun akan berbeda dibandingkan dengan ketika mengemudi sendirian.
 

5. Gaya Mengemudi

Gaya pengemudi adalah penyebab utama mobil bisa jadi boros bahan bakar. Untuk mencegahnya, hindari penginjakan pedal gas yang dan rem secukupnya ketika di tol. Mengemudilah dengan kecepatan konstan. Hal ini bisa membantu mobil menjadi lebih irit.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

USB Type-C Bakal Wajib di Eropa, Kenapa Ya?

BERIKUTNYA

Waduh, Melelehnya Es di Kutub Bikin Kerak Bumi Tambah Melengkung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: