Ilustrasi ban mobil (dok: Unsplash/Mason Jones)

Musim Hujan Tiba, Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Ban Mobil?

18 October 2021   |   12:05 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Ban adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Bukan hanya komponen penggerak mobil, ban juga berperan pada keselamatan, kenyamanan penumpang, keiritan konsumsi bahan bakar, ketahanan komponen kaki-kaki mobil, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, kalau umur ban mobil sudah tua, maka ban mobil wajib segera diganti karena menjadi hal yang sangat penting untuk keselamatan. Jadi, kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil.

Pertanyaan yang sering dilontarkan kalian yang baru memilik mobil adalah kapan saatnya mengganti ban? Berikut ini adalah ciri-ciri ban yang sudah harus di ganti menurut Auto2000 Toyota.
 

1. Umur ban mobil sudah tiga tahun

Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, makin lama karet akan makin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan. Karena banyaknya aktivitas kendaraan, sehingga umur ban mobil menjadi lebih singkat.

Umur ban mobil yang ideal adalah tiga tahun, jadi kalian harus segera mengganti ban mobil setelah mencapai usia tersebut, walau kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan.

Jika lebih dari tiga tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.
 

2. Jarak tempuh sudah 40.000 km

Walau belum sampai tiga tahun usia pakai, ban juga sebaiknya diganti jika jarak tempuh sudah mencapai 40 ribu km. Ini karena mobil sering menempuh perjalanan jauh. 

Meskipun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak yang jauh akan mengalami keausan. Untuk pemakaian normal, pada umumnya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km per tahun, sehingga 40 ribu km tercapai dalam waktu sekitar 2 hingga tiga tahun.
 

3. Ketebalan tapak ban mencapai batas TWI

Setiap ban mobil diberi indikasi TWI (Tread Wear Indicator). Tanda tersebut merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap di pakai, jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus diganti. 

Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban. 

Untuk yang di tepi akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban.
 

4. Ban gundul di tengah

Selain tiga kondisi sebelumnya yang bersifat standar umum dari pabrikan ban, beberapa kondisi lain akibat pemakaian atau kebiasaan pengemudi juga bisa menyebabkan ban harus segera diganti. 

Misalnya jika terjadi ban gundul di tengah saja, sedangkan di bagian tepi kembangnya masih bagus. Jika sudah terjadi demikian, sebaiknya ban harus diganti. Karena itu artinya ketebalan ban tidak lagi seragam.
 

5. Ban gundul di bagian tepi atau sisi tertentu

Ada juga ban yang menipis pada bagian tertentu saja, misalnya hanya di tepi sisi luar, tepi sisi dalam atau bagian tertentu dari telapak ban.
 
1
2


SEBELUMNYA

Hometown Cha-Cha-Cha Tamat, Ini 4 Momen Paling Bikin Nangis

BERIKUTNYA

Episode Terakhir Hometown Cha-Cha-Cha Dapat Rating Tertinggi, Ini Tanggapan Para Pemain

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: