Mobile game Free Fire (dok. Garena)

Free Fire Jadi Mobile Game Paling Banyak Diunduh Oktober 2021

17 November 2021   |   12:47 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Game battle royale game masih terus populer. Data terbaru dari firma riset Sensor Tower menunjukkan bahwa permainan video bergenre battle royale popular, Free Fire, menjadi aplikasi gim seluler (mobile game) yang paling banyak diunduh pada periode Oktober 2021.

Gim yang dikembangkan oleh Garena tersebut diunduh sekitar 34 juta kali di penyedia aplikasi Google Play Store dan Apple Store pada periode itu. Angka ini meningkat 72 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Sensor Tower, gim seluler tersebut paling banyak diunduh oleh pengguna dari negara India dengan persentase sekitar 30 persen dari total keseluruhan unduhan global. Diikuti oleh Brazil yang menyumbang sekitar 12 persen unduhan.

Free Fire saat ini memiliki lebih dari satu miliar unduhan di Google Play Store dan masih berada di posisi teratas daftar gim Top Grossing di sejumlah negara. Gim itu mendapatkan ulasan yang positif dengan skor 4,2/5 bintang dari 99 juta ulasan yang masuk.

(Baca juga: Garena Free Fire Menghadirkan Kampanye Battle in Style)

Sebagai informasi, gim ini dikembangkan dan dipublikasi oleh perusahaan gim Garena yang berkantor pusat di Singapura. Gim pertama kali dirilis pada Agustus 2017 dan kini menjadi salah satu gim battle royale terpopuler yang bersaing langsung dengan PUBG: Mobile dari Tencent.

Adapun, gim seluler paling banyak diunduh kedua pada periode Oktober adalah Candy Challenge 3D dari Idil Morgul. Gim tersebut diunduh sekitar 19 juta kali dengan negara kontribusi tertinggi adalah Amerika Serikat dan Brazil.

Sementara itu, melengkapi posisi tiga besar diisi oleh gim popular Roblox yang dikembangkan oleh Roblox Corporation. Gim platform daring ini tengah naik daun dalam beberapa waktu belakangan dan telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store.

Sensor Tower mencatat pasar mobile game periode Oktober 2021 menghasilkan 4,5 miliar unduhan di seluruh dunia untuk platform Google Play Store dan Apple Store. Angka tersebut menunjukkan peningkatan 1,3 persen secara tahunan dibandingkan Oktober 2020.

Adapun, daftar gim seluler global paling banyak diunduh pada Oktober tahun ini versi Sensor Tower adalah sebagai berikut: 

1. Garena Free Fire (Garena)
2. Candy Challenge 3D (Idil Morgul)
3. Roblox (Roblox)
4. Cookie Carver (Azur)
5. Subway Surfers (Sybo Games)
6. 456 (Abi Game Studio)
7. Yes or No? (Lion Studios)
8. PUBG Mobile (Tencent)
9. Car Driving School (Spark Game Studios)
10. Candy Crush Saga (King)

Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Penyebab Ban Mobil Benjol & Dampaknya untuk Keselamatan Berkendara

BERIKUTNYA

Bisa Bikin Depresi, Ini Dampak Negatif Mom Shaming terhadap Ibu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: