Ilustrasi wabah penyakit. (Unsplash)

20 Wabah Penyakit yang Mencekam di Dunia selain Covid-19

24 October 2021   |   10:00 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

6. The Black Death, 1346 – 1353 M

The Black Death, adalah wabah yang tersebar dari Asia hingga Eropa. Beberapa ahli menyebut wabah ini telah membunuh setengah dari populasi manusia di daratan Eropa. Wabah ini disebabkan oleh bakteri Yersinia, sebuah kutu yang bersumber dari tikus. Mayat korban pun ditemukan dalam pemakaman massal. Wabah ini telah mengubah sejarah Eropa, dengan kematian yang banyak tenaga kerja manusia menjadi lebih sedikit. Akhirnya sistem perbudakan di Eropa pun berakhir. Hal ini terjadi seiring penelitian yang menyatakan, pekerja yang sehat dan selamat adalah pekerja yang punya akses makanan sehat dan berkualitas.
 

7. Epidemic Cocoliztli, 1545-1548

Epidemi Cocoliztli berarti hama dalam bahasa Aztec. Penyakit ini disebabkan oleh Salmonella yang dikenal sebagai S. paratyphi C, membuat demam dan tipes. Bakteri ini juga membuat dehidrasi dan masalah gastrointestinal. Wabah ini telah menewaskan 15 juta penduduk Meksiko dan Amerika Tengah. 
 

8. Wabah Amerika, Abad 16

Wabah ini sampai ke Amerika didatangkan bersama dengan para penjelajah asal Eropa. Penyakit ini menginfeksi suku Inca dan Aztec. Beberapa peneliti memperkirakan, 80 persen dari populasi di Western Hemisphere terbunuh. Penyakit ini membantu pasukan Spanyol yang dipimpin oleh Hernán Cortés menaklukkan ibukota Aztec dari Tenochtitlan pada 1519 dan pasukan Spanyol lainnya yang dipimpin oleh Francisco Pizarro menaklukkan suku Inca pada 1532. Spanyol mengambil alih wilayah kedua kekaisaran. Ketika warga Inggris, Prancis, Portugal dan Belanda mulai mengeksplorasi, menaklukkan, dan menetap di Belahan Barat, mereka juga terbantu oleh fakta bahwa penyakit telah sangat mengurangi ukuran kelompok-kelompok pribumi yang menentang mereka. 

9. Wabah London, 1665-1666

Wabah terbesar di London terjadi masa pemerintahan Raja Charles II. Wabah ini mulai April 1665, dan menyebar cepat sepanjang musim panas. Wabah ini menewaskan 100.000 orang, termasuk 15 persen populasi di London.
 

10. Wabah besar Marseille, 1720 – 1723

Wabah Marseille ini berawal dari kedatangan kapal Grand-Saint-Antoine di Marseille, Prancis membawa kargo dari Mediterania. Meskipun kapal sudah melalui masa karantina, wabah tetap menyerang kota. Wabah tersebar dengan cepat, dalam kurun waktu 3 tahun ada 100.000 meninggal di Marseille.
 
 
1
2
3
4


SEBELUMNYA

Suka Steak? Ini 4 Perbedaan Daging Sirloin & Tenderloin

BERIKUTNYA

4 Keuntungan yang Pasti Dinikmati dari Pemasaran Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: