Ilustrasi ponsel pintar (dok: Unsplash/Jamie Street)

Pandemi Covid-19, Anak Sekolah di Korsel Jadi Kecanduan Ponsel & Internet

24 May 2021   |   09:47 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun lalu ternyata ikut berimbas pada tingginya tingkat kecanduan anak-anak terhadap ponsel pintar dan internet. Sebenarnya hal itu wajar saja karena keduanya memang menjadi sarana yang paling ampuh untuk menghabiskan waktu selama berada di rumah.

Melansir The Korea Times pada Senin (24//2021), Korea Selatan berhasil menemukan fakta bahwa jumlah siswa di negara tersebut yang mengalami kecanduan ponsel pintar dan internet mengalami peningkatan.

Hal tersebut tak terlepas dari perpanjangan masa belajar di rumah atau masih belum diperbolehkannya pembelajaran tatap muka di sekolah.

Menurut survei tahunan terhadap 1,27 juta siswa kelas empat, tujuh, dan 10 di seluruh negeri oleh Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga, total 229.000 siswa diketahui  berada dalam bahaya ketergantungan yang berlebihan pada ponsel cerdas atau Internet.

Kondisi tersebut hampir tidak berubah dari tahun sebelumnya.

Di antara mereka, 30.000 di antaranya, diyakini sangat bergantung pada internet atau smartphone, naik dari 28.000 yang disurvei tahun lalu.

Secara khusus, jumlah remaja yang terlalu bergantung pada internet meningkat menjadi 16.000 pada tahun 2021 dibandingkan dengan 14.000 remaja, pada tahun sebelumnya.

Kementerian menyatakan, pandemi virus corona baru yang berkepanjangan telah membuat siswa menghabiskan lebih banyak waktu untuk berselancar online menggunakan komputer atau tablet pribadi sebelum dan sesudah kelas online di rumah.

"Siswa cenderung menggunakan internet tidak hanya melalui smartphone tetapi juga komputer pribadi dan media lain di rumah," kata seorang pejabat kementerian.


"Dan mereka tinggal di rumah lebih lama dibandingkan dengan masa lalu, karena pemberlakuan jaga jarak sosial yang ketat."

Kementerian menyatakan, pihaknya berencana untuk memberikan konseling, perawatan medis dan program perawatan lainnya kepada siswa yang sangat kecanduan.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Sebelum Diet Baiknya Konsultasi Dahulu ke Dokter, Kenapa Ya?

BERIKUTNYA

Alami Gangguan Tidur? Hati-hati dengan Efek Buruk Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: