Ilustrasi (Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

5 Tips Cepat Redakan Sakit Kepala

24 October 2021   |   07:39 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype sering merasa sakit kepala akhir-akhir ini? Pasalnya, menurut sebuah riset dari Bayer Indonesia, perubahan gaya hidup dan proses adaptasi selama new normal dapat memicu sakit kepala dan menyebabkan produktivitas menurun hingga 33 persen. Beberapa penyebabnya seperti kurang istirahat, postur tubuh yang salah dalam waktu yang lama, stres emosional, rasa lapar, atau aktivitas yang banyak.

Sebuah laporan lain juga menemukan bahwa sekitar 90 persen orang di usia produktif menderita sakit kepala akibat stres dan tren ini meningkat selama pandemi, di mana sakit kepala tipe tegang merupakan jenis paling umum yang dialami.

Country Medical Lead Bayer Consumer Health Bayer Indonesia, Dokter Riana Nirmala Wijaya, mengatakan adaptasi tatanan hidup baru menjadi hal penting bagi masyarakat untuk tetap sehat dalam beraktivitas. Sebab, sakit kepala dapat menjadi salah satu penghambat jika tidak segera diobati. 

Oleh karena itu, Dokter Riana membagikan 5 tips cepat redakan sakit kepala seperti berikut ini.
 

1. Jangan lupa minum air putih

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa keseimbangan kadar air dalam tubuh sangat berpengaruh pada kesehatan. Itu sebabnya ketika kekurangan cairan atau dehidrasi, sakit kepala akan mulai menyerang.

Menjaga tubuh terhidrasi dengan minum air putih sebanyak 8-11 gelas dalam sehari adalah cara menghilangkan kepala berdenyut paling sederhana. Selain menyembuhkan rasa pusing, kebiasaan sehat ini juga mencegah sakit kepala datang kembali di kemudian hari.
 

2. Jangan malas gerak

Ketika sakit yang dirasakan sering disebabkan oleh stres juga ketegangan pada otot, melakukan relaksasi secara rutin dapat membantu meredakan sakit kepala.

Baik melalui meditasi, yoga atau olahraga ringan, aktivitas fisik semacam ini memberikan efek peregangan yang membuat otot lebih lemas dan santai sehingga sakit kepala berangsur membaik. Setidaknya lakukan aktivitas fisik paling sedikit 30 menit per hari atau setara 10.000 langkah per hari.
 

Ilustrasi (Dok. Tim Samuel/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Tim Samuel/Pexels)

3. Longgarkan tekanan di daerah kepala

Sakit kepala bukan hanya dipicu oleh metabolisme tubuh atau penyakit tertentu. Cara memperlakukan daerah kepala yang salah juga bisa menjadi penyebab dibalik rasa pusing yang berkepanjangan. Longgarkan segala tekanan di daerah kepala seperti ikatan rambut, pemakaian topi, atau masker hingga rasa sakit pada kepala bisa mereda.

Ketika menggunakan masker, hindari menggunakan masker yang ketat dan perhatikan posisi rahang saat memakai masker. Jaga posisi leher dan kepala serta ambil waktu istirahat masker pada situasi yang aman.
 
1
2


SEBELUMNYA

Bunda, Begini Pola Asuh yang Tepat buat Anak Generasi Alpha

BERIKUTNYA

Suka Steak? Ini 4 Perbedaan Daging Sirloin & Tenderloin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: