Jaringan lemak antara ibu jari dan jari telunjuk adalah lokasi titik tekanan Union Valle (sumber gambar ilustrasi: pexels/pixabay)

Coba Pijat di 6 Titik Ini untuk Meredakan Sakit Kepala

24 September 2022   |   20:00 WIB

Saat pekerjaan menumpuk, kurang tidur, atau tenggat waktu pekerjaan sudah kian dekat, rasa sakit pada kepala mungkin akan menghampiri. Biasanya, banyak orang akan menggunakan obat untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Namun, ada cara lain bagi Genhype yang ingin meredakan sakit selain dengan obat.

Cara tersebut adalah dengan melakukan pijatan atau akupresur di beberapa titik di tubuh kita. Dilansir dari laman National Headache Institute, akupresur adalah pengobatan tradisional China yang diyakini bekerja dengan menyeimbangkan aliran energi tubuh.

Baca juga: 5 Tips Cepat Redakan Sakit Kepala

Sementara itu, titik tekanan kemungkinan mampu merangsang sirkulasi optimal ke zona tertentu dari tubuh. Berikut titik pijatan yang dapat mengurangi rasa sakit di kepala ketika rasa itu menghampiri.
 

1. Titik Tekanan Union Valley

Jaringan lemak antara ibu jari dan jari telunjuk adalah lokasi titik tekanan Union Valley. Menekan area ini dengan ibu jari dan jari telunjuk tangan yang berlawanan dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala.

Titik tekanan ini juga dapat membantu mengatasi rasa sakit lain termasuk sakit gigi, sakit leher, dan radang sendi. Wanita dalam kondisi hamil harus menghindari titik tekanan ini karena dianggap menyebabkan kontraksi.
 

2. Titik Tekanan Mata Ketiga

Titik ini berada di tengah antara alis mata. Dengan melakukan pijitan di titik ini, rasa sakit di kepala dapat berkurang. Tidak hanya itu, pijatan di titik ini juga dapat membantu mengurangi ketegangan di kepala, wajah, dan mata.

Kalian cukup menekan titik tersebut dengan jari, dan tahan selama beberapa menit. Melakukan pijitan beberapa kali dalam satu minggu di titik ini dapat membantu mengurangi sakit kepala kronis dan masalah sinus.

Beberapa ahli juga percaya bahwa melakukan tekanan di titik dapat membantu meningkatkan produksi melatonin, sehingga memberikan manfaat tambahan bahkan di luar menghilangkan sakit kepala.
 

3. Titik Tekanan Bright Light

Titik ini tepat berada di bawah titik tekanan mata ketiga atau tepat di kedua sisi pangkal hidung di bawah ujung setiap alis. Titik ini memiliki efek untuk mengurangi ketegangan dan rasa sakit di sekitar mata, khususnya rasa tidak nyaman akibat sering menggunakan elektronik.

Pijatan di titik ini juga bermanfaat untuk kalian yang menderita sinus. Cara memijat di titik ini adalah dengan menekannya menggunakan jari selama sekitar satu menit, dan lepaskan. Tidak hanya itu, pijatan di titik ini juga dapat mengatasi sakit kepala karena alergi.  

Juga bermanfaat bagi mereka yang mengalami kemacetan sinus, titik tekanan cahaya terang mengurangi ketegangan. Cukup tahan tempat itu dengan jari Anda selama sekitar satu menit dan lepaskan. Titik tekanan untuk menghentikan sakit kepala ini juga dapat mendukung pemulihan dari sakit kepala yang disebabkan oleh alergi.
 

4. Titik Tekanan Gates of Consciousness Pressure Point

Pijatan di titik ini dapat mengurangi rasa sakit kepala yang diakibatkan oleh stres. Titik tekanan gates of consciousness terletak di belakang kepala, dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala yang berasal dari bagian belakang leher dan kepala.

Untuk melakukan pijitan, tempatkan kedua tangan di belakang kepala. Kemudian pegang dengan lembut sambil mengarahkan ibu jari ke bawah. Kemudian, dengan menggunakan ibu jari, tambahkan tekanan ke kedua sisi pangkal tengkorak. Pijat area tersebut dengan gerakan lembut dan melingkar untuk melonggarkan ketegangan.
 

5. Titik Tekanan Leher

Titik tekanan leher terletak di bagian belakang leher, setengah jalan di antara telinga dan bahu. Titik-titik tekanan ini paling efektif pada orang dengan sakit kepala yang disebabkan oleh masalah leher atau sakit leher. Pijatan di titik ini dapat membantu mengurangi ketegangan di leher dan bahu.
 

6. Titik Tekanan Kaki

Kaki adalah tempat terakhir yang mungkin menjadi tempat untuk menghilangkan rasa sakit di kepala. Berada tepat di atas kaki antara jempol dan jari kedua, titik ini dapat membantu meringankan sakit kepala ketika ditekan.

Titik lainnya di kaki yang dapat menghilangkan sakit kepala terletak di celah antara jari kaki keempat dan kelima. Dengan melakukan pijatan di tempat ini, rasa tegang dan stres dapat berkurang.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 4 Perbedaan Psikolog & Terapis dalam Dunia Kesehatan Mental

Editor: Dika Irawan 
SEBELUMNYA

Mau Nonton SEVENTEEN di ICE BSD? Ini Cara & Rutenya

BERIKUTNYA

Cek 4 Fakta Seru Seputar Film Jagat Arwah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: