Ilustrasi (Photo by Denys Nevozhai on Unsplash)

Agar Hari Lebih Baik, Lakukan 9 Hal Ini Setiap Pagi

22 October 2021   |   11:46 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Memulai hari dengan sikap positif mungkin terdengar mudah. Namun bagi sebagian orang, menciptakan energi positif ketika bangun tidur rasanya seperti memaksa diri untuk 'baik-baik saja' ketika kondisi mentalnya tidak demikian. Para ahli psikologi mengatakan rutinitas pagi yang sehat, rendah stres, dan terfokus dapat mengubah suasana hati dan pikiran kita sepanjang hari.

Kebiasaan pagi kita terbentuk dari apa-apa yang kerap kita lakukan hingga akhirnya terasa otomatis. Sebagian dari kebiasaan itu mungkin mengurangi hal-hal yang menurunkan semangat di pagi hari. Misalnya menghabiskan waktu memutuskan apa yang akan kita makan untuk sarapan atau menekan tombol snooze untuk kesekian kalinya.

Jika kebiasaan buruk itu semakin menganggu, tentu tidak ada salahnya kita berusaha mengubahnya. Walaupun, rutinitas pagi ideal setiap orang pastinya akan berbeda, jadi saran dalam daftar ini dimaksudkan sebagai titik awal, bukan panduan pasti.

Bereksperimenlah dengan apa yang cocok untuk diri sendiri dan ingat bahwa kuncinya adalah konsistensi.
 

1. Merapikan tempat tidur

Tidak sedikit dari kita mungkin merasa merapikan tempat tidur adalah pekerjaan rumah, tetapi ini juga bisa jadi cara yang sederhana untuk membuat diri kita merasa lebih baik di pagi hari.

Merapikan tempat tidur sedikit banyak juga membantu kita untuk menciptakan ruang dan pikiran yang lebih rapi, mendorong kebiasaan baik, dan mungkin menciptakan efek psikologis.
 

2. Atur kebiasaan bersiap-siap

Sebagian besar dari kita memiliki banyak hal yang kita lakukan setiap pagi untuk mempersiapkan hari seperti sarapan, berpakaian, menyikat gigi, dan lain lain. Namun, mungkin kalian belum melakukannya dengan urutan yang tepat.

Satu hari kita bisa memulai hari dengan santai sambil menikmati secangkir kopi atau membaca berita pagi, hari berikutnya kita mungkin sedang terburu-buru untuk bersiap.

Kalian bisa menghemat waktu dan energi dari kebiasaan terburu-buru di pagi hari dengan menetapkan proses langkah demi langkah untuk bersiap. Setiap keputusan yang kamu ambil akan menjadi pedoman untuk langkah selanjutnya dan dari kebiasaan ini pagimu akan menjadi lebih teratur.
 

3. Kurangi kebiasaan mengecek handphone di pagi hari

Setiap kali kita memeriksa ponsel, terutama setelah beristirahat panjang. Untuk perangkat sekecil itu, ponsel menyimpan banyak potensi stres, seperti pemberitahuan berita, saldo rekening bank, dan pesan singkat yang menuntut perhatian kita saat itu juga.

Ketika bangun tidur, kita berada dalam kondisi yang relatif santai. Bukankah lebih baik untuk mempertahankan tingkat ketenangan umum itu selama kita bisa? Akan lebih baik bagi tubuh dan sistem emosional reaktif kita untuk mengurangi berapa lama kita merasa stres dalam sehari.
 

4. Lakukan peregangan

Kita tidak bisa memaksa orang untuk mengikuti kebiasaan berolahraga di pagi hari, namun tidak ada salahnya untuk memulai kebiasaan stretching ketika baru bangun tidur.

Kebiasaan ini tidak harus menjadi tugas berat seperti yoga di pagi hari, meregangkan otot secara ringan dapat menjadi cara untuk membuat darah mengalir dan memberikan energi baik pada tubuh.
 
1
2


SEBELUMNYA

Acara Variety China Squid's Victory Dituduh Contek Serial Squid Game

BERIKUTNYA

Netflix Tambah 4,4 Juta Pelanggan Baru Berkat Squid Game

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: