Ilustrasi (Dok. Diego Passadori/Unsplash)

Yuk Biasakan 8 Kiat Ini untuk Mengurangi Sampah Makanan

21 October 2021   |   17:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Habiskan makanan
 

d

Ilustrasi (Dok. Garda Pangan)

Hal yang paling bisa dilakukan juga adalah menghabiskan makanan. Perlu diingat, makanan yang ada di hadapan kita itu merupakan hasil jerih payah dari banyak pihak dan rantai pasok yang sangat panjang, sehingga yang bisa kita lakukan adalah dengan menghabiskannya. Jika terpaksa ada yang perlu dibuang selama itu layak, kita bisa memberikan itu kepada hewan ternak atau mengolahnya menjadi kompos.

6. Membuat meal preparation
 

Ilustrasi (Dok. Garda Pangan)

Ilustrasi (Dok. Garda Pangan)

Meal prep adalah metode mempersiapkan makanan untuk jangka waktu tertentu yang sudah direncanakan. Kebiasaan ini  bisa membuat seseorang tidak menjadi lapar mata dan lebih efisien dalam berbelanja dan menyiapkan makanan.

7. Makan sesuai porsi
 

Ilustrasi (Dok. Garda Pangan)

Ilustrasi (Dok. Garda Pangan)

Biasakan mengambil makanan sesuai dengan porsi kamu begitupun ketika makan di luar rumah. Kamu bisa meminta kepada pelayan rumah makan untuk meminta porsi yang sesuai dengan kebutuhan, sebab yang tahu porsi kita adalah diri kita sendiri.

8. Hasilkan makananmu sendiri
 

Ilustrasi (Dok. Garda Pangan)

Ilustrasi (Dok. Garda Pangan)

Mencoba berkebun di rumah juga bisa ikut membantu dalam mengurangi sampah makanan. Dengan menanam, kita bisa menumbuhkan rasa respect atau menghargai terhadap makanan yang dihasilkan.

“Selama ini mungkin kamu menganggap satu biji cabai itu sepele, tetapi untuk mendapatkan itu dibutuhkan waktu 2-3 bulan dengan perawatan yang rutin. Selain itu,  kalau makan hasil panenan kita sendiri juga pasti kita akan sayang untuk menyisakan apalagi membuangnya,” kata Eva.

Editor: M R Purboyo
1
2


SEBELUMNYA

Intip Sinopsis Film Free Guy yang Sudah Tayang di Bioskop

BERIKUTNYA

Selain Eternals, Raline Shah Juga Hadiri World Premiere Film Ron's Gone Wrong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: