Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2022 digelar akhir pekan ini, 27-29 Mei 2022 (Sumber gambar: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Edukasi Kesadaran Sampah di BNI Java Jazz Festival 2022 

28 May 2022   |   17:33 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ajang festival musik Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2022 tak sekadar menghadirkan keseruan menikmati rangkaian pertunjukan musik dari para penampil, tetapi juga mendorong kesadaran terhadap pengelolaan sampah. 

Direktur Penanganan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Novrizal Tahar mengatakan bahwa gelaran ini mengusung salah satu tagline penting, yakni Less Waste More Jazz

Dia menuturkan, Indonesia menghasilkan lebih dari 60 juta ton sampah per tahun. Salah satu lokasi yang berpotensi menghasilkan sampah dalam jumlah besar adalah kegiatan atau acara festival besar dalam bidang apa pun. 

Baca Juga: Panduan Nonton BNI Java Jazz Festival 2022 

“Bila sampah tak terkelola dengan baik maka berdampak serius pada lingkungan. Oleh karenanya, langkah menyuarakan upaya minim sampah penting dilakukan secara konsisten. Misalnya mendorong belanja tanpa kemasan, menghabiskan makanan, dan mengurangi barang sekali pakai,” katanya. 

Melalui acara BNI Java Jazz Festival 2022, KLHK mendorong kesadaran tersebut lewat penyediaan tempat sampah tematik yang tidak sekadar menjadi tempat buang sampah, tapi juga meningkatkan kesadaran pemilihan sampah yang sesuai. 

Terdapat berbagai macam wadah sampah tematik yang disiapkan, yakni untuk sampah organik, sampah daur ulang, sampah residu, sampah spesifik, hingga sampah puntung rokok (creative fun disposal ashtray). 

Khusus untuk wadah sampah puntung rokok pada ajang festival musik jazz tersebut, dia menyebutkan bahwa ini merupakan salah satu terobosan terbaru yang dihadirkan mengingat banyaknya jumlah puntung rokok yang dihasilkan. 

Selain itu, Novrizal juga mengimbau para pengisi acara, artis, dan publik figur untuk ikut serta berperan sebagai trendsetter pada masyarakat terkait dengan upaya mengurangi dan memilah sampah maupun limbah yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari. 

Baca juga: Jojo Tampil Memukau di Panggung Special Show BNI Java Jazz Festival 2022

Sebagai informasi tambahan, data dari Greeners.co menunjukkan bahwa BNI Java Jazz Festival sebelumnya yang digelar pada 2020 tercatat menghasilkan hingga 1,1 ton sampah plastik dan 3,1 ton sampah daur ulang. 

Saksikan juga: 

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Tips Mengatur Biaya Pernikahan agar Tidak Membengkak

BERIKUTNYA

Supaya Tak Membebani Keuangan, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Mobil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: