Ilustrasi (Dok. Anna Tarazevich/Pexels)

Mumpung No Bra Day, Simak 5 Cara Menjaga Kesehatan Payudara

13 October 2021   |   14:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap tanggal 13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day atau hari tanpa bra. Tagar #NoBraDay pun menjadi trending topik di Twitter. Digagas oleh seorang dokter bedah plastik asal Kanada, Dokter Mitchell Brown, pada Juli 2011, gerakan ini awalnya bernama BRA day yang merupakan singkatan dari Breast Reconstruction Awareness.

Tujuan gerakan itu adalah untuk mengedukasi perempuan tentang pilihan mereka untuk melakukan rekonstruksi payudara setelah menjalani mastektomi atau pengangkatan payudara. Tiga tahun kemudian, pada 2014 akhirnya ditetapkan pada 13 Oktober sebagai No Bra Day yang bertepatan dengan National Breast Cancer Awareness Month di Amerika Serikat atau bulan kesadaran kanker payudara.

Nah, dalam rangka memperingati No Bra Day, simak yuk 5 cara menjaga kesehatan payudara menurut Ahli Onkologi Payudara Bedah Stephanie Valente DO seperti dilansir dari laman Cleveland Clinic, Rabu (13/10/2021), berikut ini.
 

1. Menjaga berat badan (BB) yang sehat

Hubungan antara obesitas dan kanker payudara tidak sepenuhnya dipahami, tetapi menjaga BB yang sehat bisa mengurangi resikonya. Pada wanita gemuk, jaringan kanker payudara yang sensitif terhadap estrogen terkena lebih banyak estrogen daripada wanita dengan BB yang sehat. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan kanker payudara. 
 

Ilustrasi (Dok. Klaus Nielsen/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Klaus Nielsen/Pexels)

2. Rutin berolahraga

Wanita yang aktif secara fisik memiliki risiko 25 persen lebih kecil untuk mengalami kanker payudara daripada mereka yang tidak aktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu mencegah kanker payudara dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menangkal obesitas serta menurunkan kadar estrogen dan insulin. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan massa tulang yang penting bagi penderita kanker payudara yang telah menjalani kemoterapi dan terapi endokrin. 

“Hanya 30 menit sehari dan setidaknya empat sampai lima hari dalam seminggu sudah cukup untuk kamu lakukan,” kata Dokter Valente.
 

3. Tetap terhidrasi dan konsumsi makanan sehat

Isi piring makanmu setidaknya dengan 5-8 porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari seperti brokoli, kubis, kale, semangka, dan biji-bijian yang bisa mencegah kanker payudara. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan asupan asam lemak omega-3 yang bisa ditemukan dalam kenari, ikan, kedelai, dan biji labu. Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak karena bisa membuat BB meningkat yang berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

“Jangan lupa untuk tetap terhidrasi juga. Minumlah air putih sekitar 2 sampai 3 liter dalam sehari,” kata Dokter Valente.

 
1
2


SEBELUMNYA

Intip 7 Tips Mencegah Maskne atau 'Jerawat Masker'

BERIKUTNYA

Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Spoiler Helm

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: