Ilustrasi kanker payudara (Sumber gambar: Diana Grytsku/Freepik)

Mengenal No Bra Day 13 Oktober 2022, Ini Deretan Fakta dibaliknya

13 October 2022   |   18:10 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Beberapa tanggal di kalender memiliki sebuah tanggal khusus untuk memperingati hari yang ditujukan dalam peningkatan kesadaran di tingkat nasional dan global. Sebut saja, No Bra Day yang diperingati pada hari ini, 13 Oktober 2022 dengan tujuan meningkatkan kesadaran perempuan tentang pentingnya menjaga kesehatan payudara.

No Bra Day pertema kali digaungkan di internet melalui tagar #NoBraDay pada 2011 lalu. Tahun ini merupakan tahun ke-11 peringatan hari tanpa menggunakan bra ini. Pesan yang ingin dibawa dalam No Bra Day ini adalah pentingnya deteksi dini kanker payudara, mengenali gejala kanker payudara, hingga pemeriksaan diri secara teratur untuk memerangi kanker payudara pada wanita.

Meski memiliki banyak tujuan positif, tak sedikit orang yang keliru mengartikan peringatan No Bra Day ini. Agar tidak bingung, yuk simak deretan fakta-fakta tentang No Bra Day berikut:

 

Ilustrasi kanker (Freepik)

Ilustrasi kanker (Freepik)


1. Dicetuskan Mitchell Brown.

Dilansir dari yen, No Bra Day pertama kali diinisiasi oleh Mitchell Brown di sebuah acara medis pada 19 Oktober 2011 di Toronto, Kanada. Dia merupakan seorang dokter bedah plastik yang menggaungkan pentingnya mengedukasi pentingnya menjaga kesehatan payudara, sekaligus memberi dukungan pada pejuang kanker payudara di seluruh dunia.
 

2. Alasan khusus di balik adanya hari tanpa bra.

Dilansir dari Days of The Year, No Bra Day memperilakan wanita tidak menggunakan bra dalam waktu 24 jam karena sebuah alasan. Selama ini, pejuang kanker sering menggunakan prostesis untuk menyembunyikan fakta bahwa payudara mereka diangkat karena adanya kanker. Hal itu tak jarang membuat  mereka harus menggunakan bra sepanjang hari. Hari tanpa bra ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan membantu wanita tereduksi tentang kesehatan payudara.
 

3. Dibentuk untuk membantu penelitian terkait kanker pauyudara.

Terdapat 1 dari 8 wanita di dunia menderita kanker payudara dalam perjuangan melawan penyakit yang sakit dan mematikan. Dilansir dari situs WHO, Badan Kesehatan Dunia itu mencatat 2,3 juta wanita didiagnosa dengan kanker payudara dan 685.000 di antaranya harus meninggal dunia. Oleh karena itu, No Bra Day ini menjadi ajang dan peluang bagi dunia medis melakukan penelitian terkait kanker payudara.
 

4. Mengajak setiap perempuan melakukan deteksi dini kanker payudara.

Peringatan No Bra Day juga menjadi penanda satu hari dalam satu tahun bagi wanita untuk memeriksakan dirinya dari risiko penyakit kanker payudara. Setiap wanita bisa pergi ke dokter dan ahli terkait kanker payudara untuk melakukan deteksi dini terkait kemungkinan adanya penyakit ini.

Genhype, itulah beberapa fakta di balik No Bra Day yang diperingati pada 13 Oktober setiap tahunnya.

Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ini Karya Para Pemenang The Spirit of Ecstasy Challenge

BERIKUTNYA

Chat WhatsApp Ini Bisa Bantu Akses Pencairan Gaji, Seperti Apa?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: