Helm dengan spoiler (dok: Suzuki Indonesia)

Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Spoiler Helm

13 October 2021   |   15:11 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Helm yang digunakan untuk balapan dan pengendara motor harian sangat berbeda. Jika dilihat dari ukurannya, helm pembalap tampak begitu besar dan berat. Meski begitu, helm tersebut tidaklah seberat kelihatannya, salah satunya karena adanya spoiler di bagian belakang.

Pada saat melaju dengan kendaraan roda dua ini tentu kepala dan leher akan cepat terasa lelah. Apalagi jika kalian harus mengendarai selama beberapa jam lamanya. 

Namun rasa lelah ini bisa dikurangi dengan menggunakan jenis helm yang memiliki tambahan spoiler. Nah, yang dimaksud dengan spoiler ini adalah sebuah tambahan pada helm berupa perangkat yang ditempelkan berbentuk kecil seperti sayap. 

Spoiler ini memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika pada saat kalian melaju dengan sepeda motor di kecepatan tinggi. 

Mengutip Suzuki Indonesia, tambahan spoiler ini akan membuat gaya angkat lebih kecil dan berkurangnya turbulensi di belakang. Otomatis beban yang harus ditopang oleh leher berkurang dan helm jadi lebih nyaman untuk digunakan. 

(Baca juga: Tips Merawat Kunci Kontak Sepeda Motor agar Tidak Cepat Longgar)

Masih belum percaya? Kalian bisa membandingkan dengan mencobanya langsung. Cobalah untuk menggunakan helm tanpa spoiler and melaju kencang dengan motor. Pada kecepatan 250 km/jam, helm akan terasa lebih berat karena adanya tekanan kuat dari arah depan.

Hal ini tentu sangat mengganggu saat kalian berkendara karena tekanan angin membuat beban helm semakin berat. Berbeda jika Anda menggunakan tambahan spoiler helm. Walaupun berada di kecepatan 250 km/jam helm tidak akan bergerak atau terasa berat. 

Alasan apa yang membuat helm jadi lebih ringan dengan adanya tambahan spoiler? Hal ini bisa dilihat dari cara kerjanya. Spoiler tidak akan terasa bekerja jika Anda hanya berkendara di bawah kecepatan 250 km per jam. 

Pada kecepatan tersebut tekanan angin yang sangat kencang terasa sehingga membuat beban pada helm. Sedangkan dengan adanya spoiler ini, aliran udara yang melewati bagian depan dan atas helm akan dipecah. Aliran udara yang pecah akan dialirkan melalui spoiler sehingga tekanan udara pun berkurang. 

Tak heran, helm yang memiliki spoiler bawaan dari pabrik harganya akan lebih mahal, mengingat fungsinya begitu penting.

Oleh karena itu, Anda yang berencana membeli helm ini perlu tahu jenis dan bagaimana cara pemasangan spoiler yang benar. Sebab, salah memasang justru berakibat fatal karena spoiler tidak bekerja sebagaimana mestinya. 

Pastikan kalian tahu apa saja jenis helm dengan spoiler yang bisa berfungsi dengan baik. Jangan sembarangan untuk membelinya karena demi menjaga keselamatan selama berkendara. 


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Mumpung No Bra Day, Simak 5 Cara Menjaga Kesehatan Payudara

BERIKUTNYA

Vanessa Hudgens Ganti Air Mineral dengan Air Kaktus, Apa Manfaatnya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: