Ilustrasi (Photo by John Tekeridis from Pexels)

5 Tren Rumah Pintar Tahun 2021

04 October 2021   |   19:35 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Arus utama pada tren smart home atau rumah pintar terus berkembang bersamaan dengan pengembangan teknologi otomatisasi kebutuhan rumah tangga yang menciptakan banyak ruang untuk inovasi-inovasi terbaru. Ketika film Smart House ditayangkan di Disney Channel dua dekade lalu, visualnya tampak seperti imajinasi yang luar biasa dan teknologi canggih yang kita lihat di film kini telah berkembang jauh menjadi kenyataan.

Tren rumah pintar tidak lagi diperuntukkan bagi rumah mewah atau dibuat hanya sebagai purwa-rupa, hari ini orang-orang sebenarnya membeli rumah dengan memperhatikan teknologi rumah pintar yang sudah tersedia.

Berikut ini adalah beberapa tren teknologi rumah pintar paling populer sepanjang 2021:

1. Integrasi
Salah satu tren rumah pintar untuk tahun 2021 adalah seberapa terintegrasinya teknologi pada rumah pintar. Kini sebagian besar perangkat rumah pintar mulai berkomunikasi satu sama lain seperti speaker Google Home yang dapat berfungsi dalam grup, bukan unit individual.

Sistem pencahayaan Philips Hue dapat mengontrol lampu di seluruh rumah dan dapat mengikuti rutinitas tertentu yang kita buat untuk menyalakan atau mematikan lampu di seluruh rumah sesuai jadwal dan kebutuhan.

Atau ketika kulkas pintar mendeteksi isi kulkas yang berkurang, sistem bisa menambahkannya ke daftar belanja yang disimpan di perangkat Amazon Alexa. Koneksi adalah kunci untuk memperluas sistem rumah pintar.

2. Kecerdasan Buatan (AI) & Internet of Things (IoT)
Kecerdasan buatan terus meningkat, memahami perintah dengan lebih baik dan merespons dengan cara yang lebih relevan. AI di rumah pintar membantu penghuni memutar musik, memperbarui daftar tugas, mematikan dan menyalakan lampu, dan banyak lagi.

Meskipun IoT masih merupakan proses yang lebih rumit untuk dipahami, tetapi kemajuan yang dibuat di dunia rumah pintar dalam hal IoT akan memiliki banyak implikasi untuk membuat hidup lebih mudah, terutama di dapur pintar dan ruang kamar mandi pintar.
 

Ilustrasi sistem pembersih udara dalam ruangan. (Photo by Drew Bae on Unsplash)

Ilustrasi sistem pembersih udara dalam ruangan. (Photo by Drew Bae on Unsplash)

1
2


SEBELUMNYA

Akhirnya, Samsung Hapus Iklan dalam Aplikasi Utamanya

BERIKUTNYA

Enggak Cuma di Film, Boneka Robot dalam Squid Game Ada Loh di Mal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: