Ilustrasi orang yang sedang mengalami gangguan kecemasan (Sumber gambar: Pexels/Pixabay)

Simak 7 Cara Mengatasi Kecemasan Berlebih

06 April 2022   |   14:26 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kecemasan berlebih atau gangguan kecemasan dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup penderitanya. Mereka mengalami kecemasan berlebih, ketakutan, dan panik yang sering muncul tanpa sebab. Ini adalah masalah mental yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Gejalanya pun kerap kali disangka sebagai serangan jantung karena memicu peningkatan detak jantung diiringi keringat hingga tubuh gemetar. Sehingga kondisi ini harus segera diatasi terlebih jika sudah mempengaruhi kehidupan penderitanya.

Konsultasi kepada psikolog atau psikiater diperlukan agar mendapat penanganan yang tepat. Namun tidak hanya itu, berikut beberapa cara untuk mengatasi gangguan kecemasan seperti dilansir dari Mayo Clinic.
 

1.  Gunakan manajemen stres dan teknik relaksasi

Teknik visualisasi, meditasi dan yoga merupakan contoh teknik relaksasi yang dapat meredakan kecemasan. 
 

2. Jadikan tidur sebagai prioritas

Pastikan tidur yang cukup untuk mengatasi gangguan kecemasan. Jika kalian tidak bisa tidur nyenyak, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan.
 

3. Makan makanan sehat

Diet sehat yang menggabungkan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan ikan dianggap dengan penurunan kecemasan.
 

4. Hindari alkohol dan obat-obatan rekreasional

Zat-zat ini dapat menyebabkan atau memperburuk kecemasan. Jika kalian tidak dapat berhenti sendiri, temui penyedia layanan kesehatan atau temukan kelompok pendukung untuk membantu kalian berhenti mengonsumsinya.
 

5. Berhenti merokok, dan kurangi atau berhenti minum minuman berkafein

Perlu Genhype ketahui, nikotin dan kafein dapat memperburuk kecemasan dan kegugupan. Baik nikotin dan kafein berhubungan dengan jantung berdebar-debar yang semakin memperparah gangguan kecemasan yang diderita.
 

6. Identifikasi pemicu

Pelajari situasi atau tindakan apa yang menyebabkan kalian stres atau meningkatkan kecemasan. Latih strategi yang kalian kembangkan dengan penyedia kesehatan mental sehingga siap menghadapi perasaan cemas dalam situasi ini.
 

7. Buat jurnal

Menuliskan kehidupan kalian dalam sebuah jurnal dapat membantu kalian dan penyedia kesehatan mental untuk mengidentifikasi apa yang menyebabkan stres dan apa yang membantu penderita gangguan kecemasan merasa lebih baik.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Survei Konsumen Indonesia Lebih Optimistis pada Ramadan Tahun Ini

BERIKUTNYA

7 Tips Membangun Bisnis bagi Pemula ala Pengusaha Milenial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: