Ilustrasi para pengrajin batik (Dok. Camille Bismonte/Unsplash)

5 Cara Seru untuk Rayakan Hari Batik Nasional

02 October 2021   |   14:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Ikut dalam acara-acara spesial Hari Batik
Untuk memperingati Hari Batik Nasional, biasanya akan banyak acara atau festival digelar. Mulai dari diskusi tentang batik hingga pertunjukan seni.

Kalau kamu semakin ingin menambah pengetahuanmu tentang batik, kamu bisa mengikutinya di hari spesial ini. Biasanya info-info acara tersebut akan mudah dicari di media sosial seperti Instagram.

4. Berkunjung ke museum atau kampung batik
Selain menggunakan batik, kamu juga bisa datang ke museum yang menyediakan koleksi batik seperti yang ada di Pekalongan. Museum tersebut memiliki lebih dari 1.000 koleksi batik termasuk alat tenun tradisional.

Selain itu, ada juga beberapa kampung batik yang bisa kamu kunjungi seperti Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Semarang, Kampung Batik Giriloyo, dan Kampung Batik Putat Jaya.
 

Ilustrasi membatik (Dok. Mahmur Marganti/Unsplash)

Ilustrasi membatik (Dok. Mahmur Marganti/Unsplash)

5. Belajar membatik
Selain bisa mengetahui bagaimana tahapan prosesnya, belajar membatik juga bisa membuat kamu lebih menghargai karya para pengrajin batik tradisional. Biasanya beberapa kampung batik membuka para pengunjung untuk mencoba membuat batik, salah satunya di Kampung Batik Laweyan Solo.

Di sana kamu bisa mengeksplorasi asal-usul batik, mulai dari sejarah, proses pembuatan, macam-macam batik yang ada, sampai mengikuti pelatihan membatik.

Nah, kira-kira Genhype tertarik untuk coba yang mana nih?


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

7 Tips Menciptakan Lingkungan Emosional yang Aman untuk Anak

BERIKUTNYA

Mengenal Arsitektur Jengki, Gaya Bangunan khas Indonesia Tahun 1950-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: