Ilustrasi orang tua dan anak. (Dok. Xavier Mouton Photographie dari Unsplash)

7 Tips Menciptakan Lingkungan Emosional yang Aman untuk Anak

02 October 2021   |   14:27 WIB

Keamanan tidak hanya ada secara fisik, tapi juga secara emosional. Meski terkesan jarang dibahas, keamanan emosional dibutuhkan sebagai prasyarat untuk anak mengembangkan, mengeksplor, dan menguji batas, tanpa perlu merasa cemas dan takut akan kegagalan secara terus-menerus.

Hal ini bisa diajarkan dan dibangun sejak dini melalui berbagai cara dan berdampak pada masa yang akan datang. Berikut tujuh tips untuk memberi lingkungan emosional yang aman untuk anak.

1. Luangkan waktu
Meluangkan waktu bersama si kecil membuat mereka merasa lebih nyaman, apalagi jika kegiatan ini disertai dengan berbagai hal yang disukainya, seperti bercerita, tertawa, bermain bersama, dan melakukan aktivitas lainnya. Hal ini bisa mengurangi kecenderungan mereka untuk menjadi kurang percaya diri dan bandel.

2. Perhatikan si kecil
Ketika anak sedang melakukan sesuatu, berikan perhatian kepadanya dan ajak anak untuk mengkomunikasikan apa yang ada dalam pikirannya, serta tanya tentang pendapat mereka terhadap hal-hal yang ada di rumah.

3. Berikan afeksi
Setiap orang tua tentu mencintai anaknya, dan ada kalanya mereka harus menunjukkan kasih sayangnya melalui tindakan seperti memeluk, memegang tangan, serta mengatakan rasa sayangnya.

4. Berikan pujian
Pujian dapat meningkatkan kepercayaan dan penghargaan terhadap diri sendiri. Sekecil apapun pencapaian yang didapatnya, berikan pujian dengan tulus dan bangga.

5. Berikan dukungan
Menghargai keputusan si kecil sekalipun Genhype tidak sepenuhnya setuju merupakan hal yang utama. Sebab, hal ini membuat si kecil merasa mereka memiliki orang tua sebagai pilar dukungan yang utama.

6. Ungkapkan penjelasan
Ketika si kecil melakukan kesalahan dan Genhype mendisiplinkannya, usahakan untuk berikan penjelasan yang masuk akal mengapa mereka menerima hal itu. Pastikan kalian memberikan penjelasan dengan tenang tanpa adanya kesan mengintimidasi.

7. Berempati
Ketahui perasaan si kecil, seperti kemarahan atau kekecewaannya. Biarkan mereka merasa bahwa Genhype bisa memahami mereka dan sikapnya tersebut.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Pop Batik Cons 2021 Ajak Kalangan Muda Lestarikan Batik

BERIKUTNYA

5 Cara Seru untuk Rayakan Hari Batik Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: