Ilustrasi para pengrajin batik (Dok. Camille Bismonte/Unsplash)

5 Cara Seru untuk Rayakan Hari Batik Nasional

02 October 2021   |   14:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype punya baju batik di rumah? Tampaknya Genhype harus memakainya hari ini nih. Ya, karena setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Peringatan ini berawal sejak batik akhirnya dimasukkan ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Batik resmi menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia ke-3 setelah keris dan wayang yang terlebih dahulu masuk ke dalam ICH UNESCO.

Melansir dari laman Kemendikbud, Sabtu (2/10), batik adalah teknik menghias kain yang mengandung nilai, makna, dan simbol-simbol budaya. Keterampilan ini diturunkan dari generasi ke generasi dan menjadi penanda peradaban bangsa Indonesia.

Lebih dari hanya selembar kain, batik sejatinya merupakan sebuah proses yang memiliki nilai. Kain batik menjadi sarana manifestasi dari kesabaran, ketekunan, ketelitian, serta falsafah hidup pembuat batik. Kain yang digambar dengan menggunakan alat tradisional yang disebut canting atau cap tembaga untuk mempercepat proses pembuatannya, itulah yang disebut batik.

Nah, untuk merayakan dan mengungkapkan rasa bangga kita atas warisan budaya Indonesia, berikut beberapa cara yang bisa Genhype lakukan untuk merayakan Hari Batik Nasional.

1. Memakai batik
Cara yang paling mudah tentunya dengan memakai batik hari ini. Jika kamu ingin menghabiskan waktu akhir pekan untuk pergi ke suatu tempat atau makan di restoran, kamu bisa memakai batik sebagai pilihan. Bukan hanya hari ini saja, tentu kamu bisa memakainya di hari-hari lainnya.

Jangan lupa usahakan juga untuk membeli batik asli yakni batik tulis atau cap. Sebab, batik tersebut dibuat secara manual dengan tangan pengrajin batik, sehingga kamu secara tidak langsung telah mendukung mereka.

2. Mengunggah potret menggunakan batik di media sosial
Kamu juga bisa lho mengunggah potret diri kamu yang menggunakan batik di sosial media. Selain ikut merayakan Hari Batik Nasional, itu juga bisa membuat orang lain menjadi tertarik untuk ikut semakin meramaikannya.

Jangan lupa sertakan juga caption yang menarik misalnya arti kain batik untuk kamu atau ungkapan rasa bangga karena memakai salah satu warisan budaya Indonesia.

 

Ilustrasi (Dok.Gugus Gugus/Unsplash)

Ilustrasi (Dok.Gugus Gugus/Unsplash)

1
2


SEBELUMNYA

7 Tips Menciptakan Lingkungan Emosional yang Aman untuk Anak

BERIKUTNYA

Mengenal Arsitektur Jengki, Gaya Bangunan khas Indonesia Tahun 1950-an

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: