Ilustrasi (Dok. Mika Baumeister/Unsplash)

5 Cara Sederhana Mengurangi Emisi Karbon di Rumah

13 September 2021   |   16:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

3. Mengurangi pemakaian air hangat

Menurut University of Wisconsin’s Solar Energy Laboratory, rata-rata satu rumah dengan empat orang di dalamnya membutuhkan sekitar 6.400 kilowatt jam listrik per tahun untuk memanaskan air untuk mandi atau setara dengan 2.678 kilogram karbon emisi per tahunnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi intensitas pemakaian air hangat atau menggantinya dengan tankless heater, heat pumps, atau menggunakan pemanas air tenaga surya.
 

4. Memasak makanan sendiri di rumah

Makanan yang kita konsumsi juga menjadi salah satu sumber gas emisi, terutama jika makanan tersebut berpotensi menjadi gunungan sampah. Mulai dari ekstraksi bahan baku, proses produksi, distribusi, hingga barang tersebut sampai di tangan kita.

Kamu bisa mulai untuk memasak sendiri makanan di rumah untuk mengurangi jejak karbon. Setidaknya kamu bisa mencegah sekitar 498,36 kilogram karbon emisi jika kamu belanja mingguan untuk memasak di rumah daripada membeli makanan secara online.

Memasak sendiri untuk makanan di rumah adalah salah satu langkah mengurangi jejak karbon (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Memasak sendiri untuk makanan di rumah adalah salah satu langkah mengurangi jejak karbon (Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


5. Belanja kebutuhan harian online

Kamu bisa memilih opsi belanja bahan makanan seperti buah dan sayur secara online. Selain aman, hal itu juga bisa mengurangi jejak karbon karena biasanya pengiriman dilakukan bersamaan dengan pesanan orang lain.

Dengan membeli bahan makanan di satu toko online, kamu bisa menghemat sekitar 249,18 kilogram jejak karbon lho. Selain itu, jangan lupa juga untuk berpikir sebelum kamu membeli dan usahakan untuk buy in bulk agar meminimalisir jejak karbon.


Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

BTS Menang 3 Kategori di MTV Video Music Awards 2021

BERIKUTNYA

Menantang, Berikut 5 Game Indie Terbaru di Nintendo Switch

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: