Sejumlah profesi unik ada di ajang lari (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ RUN 4 FFWPU)

Hypereport: Deretan Profesi Unik di Event Lari, Ada Rabbit & Pacer

28 October 2024   |   10:17 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang lari atau maraton (marathon) menjadi salah satu kegiatan olahraga yang banyak di dalam negeri pada saat ini dan kerap diikuti oleh ribuan peserta. Selain tentang peserta, event ini juga memiliki profesi-profesi unik yang mendukung kelancaran dan kesuksesan acara. 

Lari menjadi salah satu kegiatan olahraga yang diminati oleh banyak orang. Selain dapat membuat tubuh menjadi sehat, lari juga cenderung murah dan mudah untuk dilakukan oleh banyak orang. 

Tidak hanya itu, olahraga ini juga cenderung menyenangkan dijalani karena bisa melihat berbagai pemandangan yang indah. Kemudian, olahraga lari juga dapat mengasyikkan lantaran dapat dilakukan bersama-sama dengan kawan atau orang terkasih, sambil menikmati udara segar pada pagi hari. 

Baca juga laporan terkait:  Tinggi minat masyarakat terhadap lari disambut oleh banyak pihak dengan mengadakan berbagai event lari, baik berupa fun run atau marathon. Ada berbagai alasan yang membuat penyelenggara mengadakan acara ini.

Salah satunya adalah menghidupkan geliat ekonomi lokal karena ajang ini dapat mendatangkan wisatawan – baik dalam maupun luar negeri. Tidak jarang peserta yang ikut dalam suatu ajang lari datang dari berbagai daerah atau negara lain. Selain mengincar hadiah yang disediakan oleh penyelenggara, mereka yang datang juga memiliki berbagai tujuan ketika mengikuti ajang lari.

Agar acara dapat berjalan sukses dan membuat peserta puas, penyelenggara melakukan berbagai macam persiapan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggandeng profesional, yang memiliki keahlian dan terlibat dalam kesuksesan acara ini.

Berikut sejumlah profesi unik yang ada dalam setiap ajang lari atau marathon dikutip dari berbagai sumber. 
 

1. Pacer 

Bagi para peserta ajang lari, pacer adalah profesi yang tidak asing lagi. Ya, pacer merupakan pelari yang berada di antara peserta lainnya dalam ajang fun run atau marathon.

Pacer memiliki tugas mencapai waktu yang diinginkan oleh pelari ketika berlari. Biasanya, pacer mempunyai target waktu untuk mencapai garis finish. Jadi, peserta yang ingin mencapai waktu tertentu dapat berpatokan terhadap pacer. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan motivasi dan informasi kepada para pelari. 
 

2. Hare atau Rabbit 

Profesi unik lainnya dalam ajang lari atau marathon adalah hare atau rabbit. Biasanya, orang yang berprofesi sebagai hare atau rabbit akan berlari lebih dahulu dalam ajang ini.

Setelah itu, mereka akan diikuti oleh para peserta lainnya. Profesi hare atau rabbit tidak jauh berbeda dengan pacer yang sama-sama membantu pelari terkait waktu berlari. Namun, hare atau rabbit kadang hanya menjaga kecepatan untuk beberapa segmen saja. 
 

3. Asesor marathon 

Profesi unik lainnya dalam ajang lari adalah asesor marathon atau asesor lari, yang punya tugas sebagai penilai. Asesor marathon biasanya akan menilai bagiamana ajang lari diadakan oleh suatu penyelenggara. Salah satu tujuan keberadaan asesor adalah membuat ajang lari atau marathon yang diadakan sesuai dengan aturan yang berlaku. 
 

4. Course designer

Seperti namanya, profesi course designer atau perancang rute memiliki tugas mencari dan menentukan rute atau track yang akan dilalui oleh peserta ketika ajang lari atau marathon diadakan, termasuk letak garis awal dan akhir. Bukan tanpa alasan, rute yang dilalui oleh peserta juga harus memenuhi kategori tertentu, seperti tidak boleh terlalu menanjak. 

Tidak hanya itu, perancang rute juga akan berpikir titik-titik tepat untuk meletakkan posko pertolongan pertama atau fasilitas lain yang akan dibutuhkan oleh pelari. 
 

5. Racer marshal 

Tidak hanya di balapan seperti MotoGP, profesi racer marshal juga ada di ajang lari atau marathon. Event ini biasanya kerap menggunakan jalanan umum atau jalan raya sebagai salah satu lintasannya. Kondisi tersebut membuat penyelenggara harus memastikan bahwa peserta dapat aman berlari.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan racer marshal yang bertugas menjaga agar ajang dapat tetap berjalan lancar dengan melakukan banyak hal seperti memberi petunjuk, mengatur lalu lintas, dan sebagainya. 
 

6. Fotografer lari 

Profesi lain yang juga ada dalam ajang lari adalah fotografer. Sama dengan di ajang lainnya, fotografer lari memiliki tugas mengabadikan momen para peserta yang berlari menyusuri rute yang telah ditetapkan oleh penyelenggara.

Baca juga: Berlari Sambil Menikmati Bentang Alam Indah di Bromo Marathon 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Ucapan Hari Sumpah Pemuda 2024, Peringatan yang ke-96 Tahun

BERIKUTNYA

Waterbomb Festival Jakarta Ditunda Sampai 2025, Promotor Singgung Masalah Keselamatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: