Founder Suwe Ora Jamu, Nova Dewi memberikan pelatihan pembuatan jamu saat workshop Mixologi by Suwe Ora Jamu di Pertamina SMEXPO 2024, Jakarta, Minggu (27/10/2024). (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Abdurachman)

Workshop Jamu Suwe Ora Jamu di SMEXPO 2024: Dekatkan Warisan Budaya pada Masyarakat

27 October 2024   |   18:04 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Di hari terakhir Pertamina SMEXPO 2024, Suwe Ora Jamu menggelar workshop pembuatan jamu yang dipimpin langsung oleh Nova Dewi Setiabudi selaku CEO dan co-founder. kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang jamu, sekaligus meluruskan berbagai kesalahpahaman yang berkembang mengenai minuman tradisional tersebut.

Nova berharap acara workshop yang diadakan di Pertamina SMEXPO 2024 Jakarta tersebut dapat membuat jamu lebih dekat lagi dengan masyarakat.

“Mengedukasi masyarakat bahwa jamu itu warisan budaya Indonesia yang harus banget dilestarikan, harus kita kenal lagi, harus kita jaga sama-sama gitu, dan mudah-mudahan jadi bisa makin dibanggakan,” katanya kepada Hypeabis.id di Pameran Pertamina SMEXPO 2024 Jakarta, Minggu (27/10/2024)

Baca juga: Agenda Seru Akhir Pekan, Lyodra Tampil di Penutupan Pertamina SMEXPO 2024

Nova menjelaskan bahwa dalam workshop ini, peserta diajak menyelami lebih dalam proses pembuatan jamu, mulai dari pemilihan bahan hingga langkah-langkah pembuatannya. Harapannya, peserta bisa menyadari bahwa jamu Indonesia adalah minuman berkualitas yang penuh manfaat.

Saat ini, masih banyak stigma keliru seputar konsumsi jamu, terutama soal efek samping yang muncul akibat kurangnya pemahaman masyarakat. Salah satu anggapan yang sering muncul adalah bahwa minum jamu terlalu sering tidak baik. Padahal, jamu bisa diminum setiap hari dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
 

Founder Suwe Ora Jamu, Nova Dewi memberikan pelatihan pembuatan jamu saat workshop Mixologi by Suwe Ora Jamu di Pertamina SMEXPO 2024, Jakarta, Minggu (27/10/2024). (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Abdurachman)

Workshop Mixologi by Suwe Ora Jamu di Pertamina SMEXPO 2024, Jakarta, Minggu (27/10/2024). (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Abdurachman)

Nova juga menambahkan, endapan yang muncul di dalam jamu bukanlah masalah selama bahan-bahan yang digunakan murni dan segar.

“Tergantung bahannya kan dan prosesnya, jadi nggak bisa disamaratakan, dipukul rata. Kalau kita tahu bahannya murni, fresh, semuanya bagus, seperti masakan pasti ada endapannya,” ujarnya.

Nova menegaskan, masyarakat sebaiknya tidak langsung mempercayai berbagai pernyataan yang beredar tentang jamu tanpa pemahaman yang mendalam. Ia berharap, dengan lebih mengenal jamu dan memahami proses pembuatannya, masyarakat akan semakin yakin untuk rutin mengonsumsinya dan percaya pada khasiat luar biasa yang dimilikinya.

Menurutnya, jamu adalah minuman yang kaya manfaat, salah satunya sebagai penambah daya tahan tubuh atau imun, yang penting untuk menjaga kesehatan secara alami.

Untuk diketahui, workshop ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan Pertamina SMEXPO 2024 Jakarta. Selain mempersembahkan berbagai macam UMKM, pameran ini juga menampilkan berbagai kegiatan, seperti workshop, talkshow, dan juga pertunjukan musik.

Ajang yang berlangsung dari 22 sampai 27 Oktober 2024 tersebut juga akan menampilkan penyanyi Lyodra pada penutupan. Pertamina SMEXPO 2024 Jakarta merupakan pameran ke-6 setelah diadakan di beberapa kota pada tahun ini dan melibatkan 43 UMKM binaan PT Pertamina.

Baca juga: Hypereport: Menyajikan Narasi Sejarah, Filosofi & Budaya dalam Segelas Jamu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Karya-karya Seni Affordable Hadir di Pameran ICAD By The Bay 2024 di IDD PIK 2

BERIKUTNYA

Laris Manis Pertamina SMEXPO 2024, UMKM Catat Omzet Menggembirakan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: