Ilustrasi Jamu, Minuman Tradisional Indonesia (Sumber gambar: Freepik)

Mengenal Manfaat 5 Jamu Herbal Ala Ngramu Djamoe

07 September 2023   |   18:20 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Indonesia kaya akan warisan budaya yang tidak pernah lekang termakan usia, baik wisata hingga kulinernya. Perkembangan gaya hidup yang makin modern, sesekali membuat beberapa kebiasaan zaman dahulu juga mengalami perubahan. Misalnya saja pada jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Perkembangan gaya hidup ini pun tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi yang kian meningkat pada setiap masanya. Namun tahukah Genhype, di tengah perkembangan kehidupan yang makin modern ini, masih terdapat beberapa orang yang menganut gaya zaman dahulu.

Salah satunya adalah mengkonsumsi jamu pada zaman sekarang. Jamu merupakan minuman sejenis obat-obatan yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan herbal.

Selain itu, jamu merupakan minuman tradisional khas Indonesia. Jika saat ini, ketika sakit kita  dengan mudah mendapatkan obat, maka hal ini berbeda dengan zaman nenek moyang  atau orang tua yang  kita akan menggunakan jamu sebagai obat atau penambah stamina.

Selain karena bahannya yang mudah diperoleh, membuat jamu juga tidak harus menggunakan teknologi, sehingga meminimalkan biaya produksi. Hal ini juga yang masih dilakukan oleh tempat produksi jamu Ngramu Djamoe.

Ngramu Djamoe merupakan salah satu rumah produksi jamu yang masih bertahan di tengah perkembangan gaya hidup masyarakat. Berdasarkan wawancara tim Hypeabis.id bersama Rostyana, salah satu pekerja di tempat produksi jamu ini, terdapat banyak manfaat yang dapat kita peroleh saat menikmati minuman tradisional ini.

Beberapa manfaat jamu ala Ngramu Djamoe adalah

Jamu Beras Kencur
Jenis jamu ini merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat. Hal ini disebabkan kandungan  senyawa antispasmodik dan anti radang dalam perpaduan antara  beras dan kencur  mampu mengatasi rasa mual berlebih, perut kembung dan juga penyakit lambung.

Genhype yang memiliki riwayat penyakit lambung atau maag, juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi minuman tradisional ini, dengan anjuran dari dokter.
 
Jamu Kunyit Asem
Genhype pasti sudah tidak asing lagi dengan dua bumbu yang sering kita temukan dalam berbagai makanan. Biasanya kunyit dan asem akan kita temukan, misalnya dalam olahan kuah ikan ataupun lainnya. Namun, ternyata selain memiliki fungsi utama sebagai bumbu, kedua tumbuhan ini ternyata mampu  meredam Nyeri badan akibat terlalu banyak beraktivitas.

Selain itu, jamu kunyit asem juga dapat menjadi obat kembung dan mual, kandungan vitamin C dalam Asam dapat menjadi penambah stamina serta menjaga kekuatan tulang dan juga sendi,  Jadi bagi Genhype yang ingin menerapkan gaya hidup sehat bisa mencoba ramuan herbal yang satu ini.
 
 Jamu Jahe Sereh
 

Ilustrasi jahe dan sereh (Sumber foto: Instagram herbal)

Ilustrasi jahe dan sereh (Sumber foto: Instagram herbal)


Jenis bumbu yang satu ini memiliki banyak manfaat yang dapat kalian rasakan, misalnya pembuatan bumbu pada makanan dan juga bahan pembuatan obat tradisional. Jamu jahe sereh ini juga selain berfungsi sebagai bumbu dapur, dapat juga  digunakan sebagai minuman  herbal yang membantu menjaga kadar kolesterol, membantu proses diet, mengurangi pusing dan mual karena mabuk perjalanan, dan masih banyak lagi.

Jamu Jahe Jeruk
Bagi kalian yang memiliki alergi, dan bingung untuk mencari obatnya, kalian dapat menggunakan ramuan jahe dan jeruk. Senyawa anti inflamasi dalam tumbuhan jahe, ternyata mampu meredakan berbagai efek samping alergi yang kalian rasakan, selain itu senyawa ini pun mampu meredakan nyeri akibat asam urat.

Baca juga: Punya Potensi Besar, Pengembangan Obat Herbal Belum Digarap Maksimal

Jamu Gula Asem
Bagi kalian para pecinta menikmati asem yang dicampur dengan gula, kalian wajib mencoba makanan ini dalam versi jamu. Ternyata selain rasanya yang nikmat, kedua bahan ini juga memiliki berbagai manfaat, seperti menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, menjaga kelembutan kulit, dan juga mengatasi penyakit darah rendah.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Film & Serial Netflix September 2023, Ada Kung Fu Panda hingga Burning Body

BERIKUTNYA

Intip Kemewahan Galaxy Z Fold5 & Galaxy Watch6, Edisi Khusus Samsung x Thom Browne

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: