Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Foto: Instagram raffinagita1717)

Jadi Utusan Khusus Presiden, Segini Perkiraan Pendapatan Raffi Ahmad dari Youtube dan Instagram

23 October 2024   |   19:50 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibrang Rakabuming Raka menunjuk figur publik Raffi Ahmad sebagai salah satu utusan khususnya. Pemilik nama lengkap Raffi Farid Ahmad itu diangkat sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni.

Berdasarkan laman Setkab, suami dari Nagita Slavina itu dilantik menjadi utusan khusus bersama dengan beberapa orang lainnya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 76/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden Periode Tahun 2024-2029.

Baca juga: Daftar Selebritas di DPR: Once, Dhani dan Melly Goeslaw Kumpul di Komisi X

Raffi menjadi salah satu utusan khusus bersama dengan figur lainnya, seperti Marie Elka Pangestu sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan Internasional dan Kerja Sama Multilateral; Zita Anjani, Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata; Muhamad Mardiono, sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan; dan sebagainya.

Pengangkatan Raffi menjadi utusan khusus presiden menarik perhatian banyak pihak. Salah satu di antaranya adalah terkait dengan kekayaan atau jaringan bisnis dari pemilik akun Instagram dengan 76,1 juta pengikut tersebut.

Berdasarkan UU No. 28/1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dan Peraturan KPK No. 02/2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 07 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman, Dan Pemeriksaan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara, bahwa setiap penyelenggara negara harus melaporkan kekayaannya.

Dalam Pasal UU No. 28/1999, setiap penyelenggara negara wajib melaporkan dan mengumumkan kekayaannya sebelum dan setelah menjabat. Namun sampai tulisan ini diterbitkan, belum laporan tersebut belum tersedia.

Terkait kekayaan Raffi Ahmad, pria pemilik RANS Entertainment itu belum diketahui pasti berapa julahnya. Namun sebagai gambaran, berdasarkan laman Youtubers.me, pendapatan bersih Raffi dari dari akun YouTube RANS Entertainment dengan 26,2 jt subscriber diprediksi mencapai sekitar US$2,59 juta-US$15,5 juta.

Dengan nilai kurs Rp15.637 per dolar AS, kekayaan bersih Raffi Ahmad dari akun RANS Entertainment ditaksir mencapai Rp40,5 miliar-Rp242,4 miliar.

Baca juga: Peran Raffi Ahmad hingga Yovie Widianto Setelah Jadi Utusan & Staf Khusus Presiden

Untuk diketahui, selain memiliki akun YouTube RANS Entertainment, Raffi Ahmad juga memiliki akun media sosial lainnya yang memiliki puluhan juta pengikut. Salah satu di antaranya adalah Instagram dengan 76,1 juta pengikut.

Apabila untuk setiap 1 juta followers menghasilkan US$5.000 hingga US$25.000 maka akun Instagramnya mampu menghasilkan cuan sekitar US$38.000-US$1,9 juta untuk setiap postingan bersponsornya.

Sebagaimana diketahui, sebelum menjadi utusan khusus presiden, Raffi Ahmad dikenal sebagai pembawa acara, pemain film, dan juga sempat menyentuh industri musik dan model. Tidak hanya itu, dia juga memiliki berbagai macam usaha dengan sang istri, yakni Nagita Slavina. 


Pohon Bisnis Raffi-Nagita

RANS berawal dari kanal YouTube Raffi dan Nagita yang kerap menampilkan konten kehidupan sehari-hari mereka. Seiring waktu terus berkembang dan menjajaki berbagai sektor bisnis, seperti musik, animasi, fashion, beauty, olahraga, lifestyle dan F&B. 

Lalu terdapat RANS music, PowerRANSgers, RANS Animation Studio, RANS Esport, Mylk, RANS Zoo, RANS Cilegon Football Club, hingga RANS PIK Basketball.

Tak sampai di sana RANS juga merambah dunia Metaverse melalui RansVerse, dan memiliki wacana untuk melantai di bursa saham atau Initial Public Offering (IPO).

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Alasan Pentingnya Memahami Jejak Digital Sejak Remaja

BERIKUTNYA

Cek Link Streaming dan Jadwal Timnas U17 Indonesia vs Kuwait

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: