Penampilan Grup Musik Dewa 19 feat Ari Lasso saat berlangsungnya acara BNI Loud Fest Vol.2 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/6/2023). (Sumber gambar: Unsplash/JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Daftar Selebritas di DPR: Once, Dhani dan Melly Goeslaw Kumpul di Komisi X

23 October 2024   |   18:50 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Rapat paripurna DPR RI pada Selasa (22/10/2024) telah menetapkan nama susunan keanggotaan fraksi dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) periode 2024-2029. Kini, masing-masing anggota dewan yang terpilih telah menempati komisi berbeda-beda sesuai lingkup kerjanya.

Komisi X bisa dibilang sebagai salah satu yang paling mencuri perhatian publik. Pasalnya, komisi tersebut diisi oleh nama-nama selebritas populer yang sebelumnya telah terpilih dan berhasil lolos ke Senayan.

Baca juga: Peran Raffi Ahmad hingga Yovie Widianto Setelah Jadi Utusan & Staf Khusus Presiden

Setidaknya, ada lima selebritas yang masuk ke dalam komisi X. Pertama, ada Verrel Bramasta yang merupakan seorang aktor dan model ternama Tanah Air. Namanya mulai naik saat dirinya membintangi serial televisi Bintang Langit, Ikatan Cinta, Lovepedia, Penyihir Cantik, hingga Anak Sekolahan.

Kedua, ada Denny Cagur yang merupakan pelawak keturunan Sunda dan Betawi. Nama Denny naik sejak bergabung ke grup Cagur bersama Bedu, Wendy, dan Narji pada 1997. Dia juga banyak tampil di acara televisi, dari Komedi Putar, Kontak Jodoh, Mamamia, Sketsa Tawa, Pesbukers, hingga OVJ Sahur Lagi.

Ketiga, ada Melly Goeslaw yang lebih dikenal sebagai penyanyi dengan puluhan lagi hit. Nama Melly mulai melambung ketika mendirikan grup Potret. Dia juga sempat membuat grup BBB yang cukup fenomenal.

Keempat, ada Ahmad Dhani yang merupakan pendiri grup band Dewa 19. Selain tampil sebagai kibordis dan sesekali vokalis pada grup tersebut. Dhani belakangan juga banyak mengorbitkan penyanyi lewat Republik Cinta Management.

Kelima, ada Once Mekel yang juga adalah seorang penyanyi. Nama Once mulai naik ketika dirinya menggantikan Ari Lasso sebagai vokalis Dewa 19. Kendati demikian, dia lalu keluar dari band tersebut dan justru belakangan ini kerap berselisih perihal royalti.

Kelima selebritas ini dan puluhan anggota dewan lain yang tergabung dalam Komisi X memiliki tugas utama dalam pembuatan, pembahasan, dan pengesahan undang-undang untuk bidang pendidikan, olahraga, sains, kebudayaan, hingga teknologi. Komisi ini juga dapat mengajukan usulan undang-undang baru atau mempelajari serta merevisi usulan undang-undang yang diajukan oleh pemerintah.

Selain itu, sejumlah komisi lain juga diisi oleh beberapa selebritas. Namun, jumlahnya memang tak sebanyak seperti Komisi X. Rata-rata, komisi lain hanya memiliki dua selebritas saja.

Misalnya, di Komisi VI, ada dua selebritas yang masuk di dalamnya, yakni Mulan Jameela dan Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio). Komisi ini memliki lingkup tugas di bidang industri, investasi, dan persaingan usaha.

Kemudian, di Komisi VIII juga terdapat dua selebritas yang tergabung, yakni Dina Lorenza dan Sigit Purnomo (Pasha Ungu). Komisi ini bertanggung jawab atas bidang-bidang yang mencakup agama, sosial, dan persoalan perempuan dan anak.

Tak jauh berbeda, Komisi IX diisi oleh dua nama beken, yakni Nafa Urbach dan Arzeti Bilbina. Komisi ini memiliki ruang lingkup kerja di bidang kesehatan, ketenagakerjaan, dan jaminan sosial.

Lalu, di Komisi XI juga akan diisi oleh nama-nama legendaris, seperti Primus Yustisio dan Tommy Kurniawan. Komisi ini membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, moneter, sektor jasa keuangan.

Beralih ke Komisi XII, ada nama selebritas Moreno Soeprapto dan Iyeth Bustami. Komisi ini akan membidangi urusan energi dan sumber daya mineral. Kemudian, Komisi I juga akan diwarnai dengan kehadiran satu selebritas, yakni Desy Ratnasari. Komisi ini membidangi pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, dan intelijen.

Baca juga: Begini Ketentuan Pembagian Royalti Live Events yang Disoal Ahmad Dhani

Berikut adalah daftar lengkap selebritas dan komisinya di DPRI RI
  • Desy Ratnasari: Komisi I DPR RI
  • Mulan Jameela: Komisi VI DPR RI
  • Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio): Komisi VI DPR RI
  • Dina Lorenza: Komisi VIII DPR RI
  • Sigit Purnomo (Pasha Ungu): Komisi VIII DPR RI
  • Nafa Urbach: Komisi IX DPR RI
  • Arzeti Bilbina: Komisi IX DPR RI
  • Once Mekel: Komisi X DPR RI
  • Denny Cagur: Komisi X DPR RI
  • Melly Goeslaw: Komisi X DPR RI
  • Ahmad Dhani: Komisi X DPR RI
  • Verrel Bramasta: Komisi X DPR RI
  • Primus Yustisio: Komisi XI DPR RI
  • Tommy Kurniawan: Komisi XI DPR RI
  • Moreno Soeprapto: Komisi XII DPR RI
  • Iyeth Bustami: Komisi XII DPR RI

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Bocoran Spesifikasi Xiaomi 15 Series, Ponsel Pertama yang Pakai Snapdragon 8 Elite

BERIKUTNYA

Kasus Autoimun Meningkat DIpicu Gaya Hidup dan Lingkungan, Waspadai Hal Ini!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: