Ilustrasi suasana tes CPNS. (Sumber gambar: situs resmi KemenPANRB)

Cara Cek Ranking dan Jumlah Pesaing SKD CPNS 2024

23 October 2024   |   19:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) memasuki tahap tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Tes SKD CPNS diselenggarakan pada 16 Oktober hingga 14 November 2024. Para peserta pun bisa mengecek pesaing sekaligus ranking nilai tes SKD CPNS 2024, sesuai dengan formasi yang dilamar.

Tes SKD CPNS 2024 meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Terdapat 110 butir soal yang harus dikerjakan oleh seluruh pelamar dalam tes SKD CPNS 2024.

Baca juga: Begini Sistem Kelulusan Tes SKD CPNS 2024, Calon ASN Wajib Tahu!

Seluruh soal tes SKD tersebut terdiri dari 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP. Adapun, durasi pengerjaannya yakni 110 menit untuk pelamar umum, dan 130 menit untuk pelamar penyandang disabilitas.


Cara Cek Pesaing SKD CPNS 2024

Sebagian peserta seleksi mungkin ingin tahu mengenai jumlah pesaingnya di tes SKD CPNS 2024. Para pesaing ini ialah mereka yang berhasil lolos seleksi administrasi di setiap formasi yang dibuka di seleksi CPNS tahun 2024. Informasinya berupa jumlah formasi yang dibutuhkan, serta jumlah peserta yang akan mengikuti tes SKD CPNS 2024 untuk tiap formasi.

Mengecek jumlah pesaing CPNS sesuai dengan formasi yang dilamar tentunya dapat memberikan gambaran untuk pelamar menyiapkan strategi sebelum menghadapi tes SKD. Cara mengeceknya pun tidak susah, hanya perlu mengunjungi situs SSCASN, lalu mengisi kolom jenjang pendidikan, program studi, instansi dan jenis pengadaan.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah cara mengecek jumlah pesaing CPNS 2024 lewat laman SSCASN.
  1. Buka laman resmi SSCASN melalui https://sscasn.bkn.go.id/;
  2. Pada menu pencarian masukkan jenjang pendidikan yang sesuai;
  3. Kemudian masukkan juga program studi yang sesuai;
  4. Pilih instansi sesuai yang dilamar;
  5. Pilih jenis pengadaan yaitu CPNS;
  6. Lalu klik "Mencari";
  7. Nantinya, informasi seputar jabatan yang dilamar akan muncul lengkap dengan jumlah pesaing pelamar yang telah dinyatakan lulus verifikasi;
  8. Jumlah pesaing inilah yang nantinya akan dihadapi oleh pelamar pada saat tes SKD.


Cara Melihat Ranking SKD CPNS 2024

Selain mengecek jumlah pesaing, peserta juga bisa melihat ranking nilai tes SKD CPNS 2024 secara langsung melalui live score yang ditayangkan di YouTube CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Seperti diketahui, tes SKD CPNS 2024 dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). CAT merupakan sistem seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi.

Sistem CAT didesain semudah mungkin, sehingga peserta seleksi dipastikan dapat mengoperasikannya. Hanya mengeklik dengan mouse untuk memilih jawaban yang benar.

Berikut adalah cara melihat ranking SKD CPNS 2024.
  1. Buka kanal YouTube Official CAT BKN atau klik link berikut ini;
  2. Pilih kanal "Live";
  3. Cari tayangan live score berdasarkan instansi, lokasi, dan sesi ujian yang diinginkan;
  4. Temukan nama peserta dan lihat peringkatnya.


Bobot Nilai Tes SKD CPNS 2024

Berdasarkan informasi yang tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB RI Nomor 321 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2024, terdapat 110 butir soal yang harus dikerjakan oleh peserta dalam tes SKD CPNS 2024.

Seluruh soal tes SKD tersebut terdiri dari 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP. Adapun, durasi pengerjaannya yakni 110 menit untuk pelamar umum, dan 130 menit untuk pelamar penyandang disabilitas.

Untuk materi soal TIU dan TWK, bobot jawaban benar bernilai 5, sementara untuk jawaban salah atau tidak menjawab bernilai 0. Sementara untuk materi soal TKP, bobot jawaban benar bernilai paling rendah 1 dan nilai paling tinggi 5, serta nilai 0 jika soal tidak terjawab.

Adapun, nilai kumulatif paling tinggi tes SKD CPNS 2025 ialah 550, yang terdiri dai 150 untuk TWK, 175 untuk TIU, dan 225 untuk TKP. 


Nilai Ambang Batas Tes SKD CPNS 2024

Setiap peserta seleksi CPNS 2024 harus mendapatkan nilai ambang batas tes SKD 2024 untuk berpeluang lolos dan berlanjut ke tahapan seleksi berikutnya. Nilai ambang batas ialah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi, untuk dapat melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya.

Menurut Keputusan Menteri PANRB No 321 Tahun 2024, berikut adalah rincian nilai ambang batas SKD CPNS 2024 untuk semua formasi.

Baca juga: Ketentuan Tes SKD CPNS 2024: Aturan Pakaian, Tata Tertib & Larangannya

Formasi Umum dan Putra/Putri Kalimantan:
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 65
  • Tes Intelegensia Umum (TIU): 80
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP): 166
Formasi Cum Laude dan Diaspora:
  • Nilai kumulatif SKD minimum: 311
  • Nilai TIU minimum: 85
Formasi Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua, dan Putra/Putri Daerah Tertinggal:
  • Nilai kumulatif SKD minimum: 286
  • Nilai TIU minimum: 60 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ragam Kisah Panji Siap Diekspresikan dengan Cara Baru di Festival Budaya Panji 2024

BERIKUTNYA

Ini Alasan Pentingnya Memahami Jejak Digital Sejak Remaja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: