Seseorang melihat lokasi yang hendak dituju melalui device (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ Theo Decker)

Begini Cara Mengetahui Lokasi Ujian SKD CPNS 2024

01 October 2024   |   11:18 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Proses penerimaan calon pegawai negeri sipil baru saja melewati masa seleksi administrasi. Genhype yang telah lulus proses ini akan menjalani seleksi kompetensi dasar atau SKD sebagai bagian dari tahap lanjutan yang akan diadakan pada 16 Oktober sampai 14 November 2024.

Menurut Keputusan Menteri PANRB No. 321/2024, seleksi kompetensi dasar adalah tes yang akan menguji kemampuan calon pegawai negeri sipil tentang wawasan kebangsaan, intelegensia umum, dan karakteristik pribadi. 

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) adalah ujian yang akan mengukur pengetahuan dan kemampuan Genhype dalam menerapkan nilai-nilai seperti nasionalisme, integritas, dan bela negara.

Baca juga: Calon ASN Wajib Tahu, Ini Kisi-Kisi Soal Tes SKD CPNS 2024

Tes Intelegensia Umum (TIU) menjadi cara pemerintah mengukur kemampuan verbal, numerik, dan figural Genhype. adapun, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) mengukur kemampuan dalam pelayanan publik, jejaring kerja, dan sosial budaya.

Agar bisa lulus dari seleksi kompetensi dasar ini, Genhype perlu mencapai nilai ambang batas untuk setiap tes. Tes wawasan kebangsaan memiliki nilai ambang batas 65. Kemudian, intelegensia umum 80 dan karakteristik pribadi adalah 166. 

Genhype yang mengambil formasi khusus memiliki nilai ambang batas berbeda yang harus dicapai. Formasi khusus untuk lulusan terbaik (cumlaude) dan diaspora perlu memiliki nilai ambang batas kumulatif minimal 311, dengan nilai minimal TIU sebesar 85.

Kemudian, penyandang disabilitas, putra/putri Papua, dan putra/putri daerah tertinggal harus memiliki nilai ambang batas kumulatif minimal 286, dengan nilai minimal TIU sebesar 60.

Genhype juga perlu mengetahui bahwa tes SKD akan berlangung selama 100 menit. Namun, penyelenggara memberikan pengecualian kepada peserta dengan disabilitas sensorik netra yang mengikuti formasi khusus.

Selain itu, Genhype juga perlu memperhatikan hal lainnya terkait dengan tes seleksi kompetensi dasar, yakni lokasi ujian. Bukan tanpa alasan, lokasi ujian yang keliru akan membuat Genhype mengalami kesulitan.

Berikut cara mengetahui lokasi ujian tes seleksi kompetensi dasar: 


1. Masuk akun SSCASN

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Genhype untuk mengetahui lokasi ujian seleksi kompetensi dasar adalah dengan masuk ke akun SSCASN. Genhype perlu mengunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id/

Genhype harus mengisi NIK dan password yang dimiliki. Setelah itu, Genhype juga jangan lupa memasukan kode cptcha yang ada, dan klik tombol masuk. 


2. Halaman resume pendaftaran

Setelah masuk ke akun yang dimiliki, Genhype dapat menuju ke halaman resume pendaftaran. Di laman tersebut, Genhype dapat menemukan pilihan untuk mencetak kartu peserta ujian. 

Baca juga: Cek Passing Grade atau Nilai Ambang Batas Tes SKD CPNS 2024 untuk Semua Formasi

Genhype harus membawa kartu ini untuk mengikuti ujian dan bukan kartu pendaftaran. Pelamar diharapkan membaca bagian “Perhatian” yang ada dalam kartu peserta ujian seleksi CASN 2024 yang berisi informasi penting untuk pelamar.


3. Lokasi ujian

Genhype dapat mengetahui lokasi ujian seleksi kompetensi dasar dalam kartu peserta ujian yang sudah dicetak. Kolom lokasi ujian terdapat di bawah formasi jabatan dan di atas informasi lain. Selain itu, Genhype juga jangan lupa untuk selalu memantau web instansi terkait dngan jadwal atau lokasi ujian. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Indonesia Lakukan Uji Klinis 3 Vaksin TBC, Salah Satunya Ditargetkan Tuntas 2028

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Gyeongseong Creature 2, Eksperimen Monster Belum Usai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: