Tes ujian (Sumber gambar: Unsplash/ Nguyen Dang Hoang Nhu)

Cara Cek Lokasi & Mengunduh Kartu Ujian Tes SKD CPNS 2024

09 October 2024   |   06:21 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 saat ini masih terus berjalan. Para calon pegawai negeri sipil yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi, kini tak lama lagi akan melaksanakan tahap berikutnya, yakni seleksi kompetensi dasar (SKD).

Pelaksanaan tes SKD CPNS 2024 dijadwalkan akan berlangsung mulai 16 Oktober hingga 14 November 2024. Namun, sebelum proses tes seleksi akan berlangsung, para peserta CPNS mesti terlebih dahulu mengetahui jadwal dan lokasi pelaksanaannya.

Baca juga: Calon ASN Wajib Tahu, Ini Kisi-Kisi Soal Tes SKD CPNS 2024

Sebab, masing-masing peserta umumnya akan mendapatkan tanggal dan lokasi tes yang berbeda-beda. Hal ini biasanya berdasarkan dari kebijakan setiap instansi yang telah dipilih oleh pelamar. Oleh karena itu, penting bagi calon CPNS untuk mengecek jadwal dan lokasi tes SKD 2024 secara berkala.

Saat ini proses penjadwalan tes yang dilakukan setiap instansi telah selesai dilakukan. Para peserta sudah dapat mengetahui lokasi dan waktu ujian SKD dengan melihat informasi di sistem SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara).

Per hari ini, Rabu 9 Oktober 2024 hingga 15 Oktober 2024, para peserta bisa langsung masuk ke sistem SSCASN. Kemudian, para peserta bisa melihat waktu dan tempat ujian yang akan diikutinya.

Setelah itu, jangan lupa, para peserta juga mesti segera mengunduh dan mencetak kartu ujian sedini mungkin. Hal ini untuk menghindari sistem web overload jika mengunduhnya di akhir-akhir periode.

Nantinya, kartu ini juga wajib dijaga dengan baik karena mesti dibawa ke lokasi saat mengikuti tes SKD. Berikut adalah cara mengecek lokasi serta jadwal dan mengunduh kartu ujian tes SKD:
  • Buka laman resmi CPNS melalui https://sscasn.bkn.go.id pada browser
  • Log in akun pribadi dengan mengisikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan password
  • Masuklah ke laman Resume pendaftaran, klik tombol Cetak Kartu Ujian CASN untuk mengunduh dan mencetak dokumen kartu dengan format PDF
  • Di dalam dokumen Kartu Ujian CASN 2024 tersebut, bakal tertera lokasi ujian, tanggal ujian, dan waktu sesi ujian.


Tata Terbit SKD CPNS 2024

Setelah berhasil mengunduh jadwal pelaksanaan tes SKD, para peserta mesti mencermati tata tertib pelaksanaannya. Hal ini penting agar peserta bisa lebih nyaman ketika sedang mengerjakan soal-soal tes nantinya.

Berdasarkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2024, ada beberapa prosedur yang mesti diikuti oleh peserta. Dimulai dari peserta yang disarankan hadir 60 menit lebih awal sebelum ujian dimulai.

Peserta juga akan mendapatkan Nomor Identifikasi Pribadi registrasi yang akan diberikan oleh pansel instansi. Peserta harus mendapatkan nomor identifikasi tersebut maksimal 5 menit sebelum jadwal dimulai.

Selain itu, peserta juga wajib membawa KTP atau KK dan kartu peserta seleksi yang dicetak untuk ditunjukkan ke panitia. Peserta yang mengikuti seleksi di luar negeri dapat menunjukkan paspor. Identitas kartu dan peserta mesti sama.

Kemudian, peserta juga mesti mengenakan pakaian rapi dan sopan. Peserta tidak diperkenankan membawa buku, kamera, ponsel, dan hal sejenis. Saat tes berlangsung, peserta pun tidak diperkenankan berbicara atau berinteraksi dengan sesama peserta lain.

Baca juga: Cek Passing Grade atau Nilai Ambang Batas Tes SKD CPNS 2024 untuk Semua Formasi

Berikut adalah timeline jadwal tes CPNS:
  • Pelaksanaan SKD: 16 Oktober-14 November 2024
  • Pengolahan nilai SKD CPNS: 23 Oktober-16 November 2024
  • Pengumuman hasil SKD CPNS: 17-19 November 2024
  • Pelaksanaan SKB CPNS non-CAT: 20 November-17 Desember 2024
  • Pemetaan titik lokasi SKB CPNS dengan CAT: 20-22 November 2024
  • Pemilihan titik lokasi SKB CPNS dengan CAT oleh peserta: 23-25 November 2024
  • Penarikan data final SKB CPNS: 26-28 November 2024 Penjadwalan SKB CPNS dengan CAT: 29 November-3 Desember 2024
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKB CPNS dengan CAT: 4-8 Desember 2024
  • Pelaksanaan SKB CPNS: 9-20 Desember 2024
  • Integrasi nilai SKD dan SKB CPNS: 17 Desember 2024-4 Januari 2025
  • Pengumuman hasil CPNS: 5-12 Januari 2025
  • Masa sanggah: 13-15 Januari 2025
  • Jawab sanggah: 13-19 Januari 2025
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Biografi Budi Karya Sumadi Ungkai Kiprah BKS dari Underdog hingga Jadi Menteri

BERIKUTNYA

Jadwal Padat Timnas Indonesia, Kualifikasi Piala Dunia hingga FIFA Matchday

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: