Philips Handheld Steamer Series 5030. (Sumber gambar: Philips)

Ini Manfaat Setrika Uap Untuk Merawat Koleksi Busana Para Desainer di JFW 2025

23 October 2024   |   13:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Streamer kerap menjadi pilihan para pencinta fesyen untuk menyetrika pakaian dengan bahan premium, potongan yang unik maupun banyak aksen. Pakaian berbahan sutra, wol, satin, dress atau jas untuk pesta bisa rapi seketika tanpa meninggalkan bekas lipatan atau panas gosokan yang mengganggu tampilan. 

Astrid Nadia Wiradinata, desainer dan pendiri ANW mengatakan bahwa brand fashionnya sering menggunakan teknik fabric manipulation atau teknik mengubah tampilan, lipatan, maupun bentuk kain. Tidak jarang Astrid dan tim membuat baju dengan bentuk aneh. 

Baca juga: Gemerlap Gaun Pengantin Klasik Era 50-an Karya Andreas Odang di JFW 2025

Dengan rancangannya ini, tentu ada beberapa bagian yang sulit dirapikan menggunakan setrika biasa. Alhasil, dia memilih menggunakan steamer atau setrika uap untuk meraih sisi-sisi tersebut. Termasuk pada koleksi terbarunya bertajuk Vanca (berarti timah dalam kata Sansekerta Wanka), yang tampil pada Jakarta Fashion Week 2025 kemarin. 

Adapun Astrid menggunakan steamer untuk koleksi terinspirasi dari buku Charlie Porter “What Artists Wear”, dengan mengeksplorasi model pakaian penambang timah pada awal abad ke-20 di Bangka, tanah asal orang tuanya. 

“Steamer sangat membantu merapikan pakaian dengan cepat dan aman untuk bahan kami yang cenderung halus dan versatile. Terus kayak fabricnya pun jadi nggak rusak kalau misalnya kena steamernya,” ujarnya saat ditemui di perhelatan JFW 2025, di Pondok Indah Mall 3, Jakarta, kemarin. 

Kimberly Tjandra, desainer dan pendiri Suedeson mengaku sebagai pengguna setia handheld steamer. Seiring perkembangan teknologi, setrika uap memberikan banyak keuntungan, bukan hanya lebih cepat, tetapi airnya lebih tahan lama. 

Sonderlab, di bawah arahan dari Direktur Kreatif duo pasangan desainer Sean Loh dan Sheila Agatha menggunakan steamer yang dapat mengeluarkan uap lebih cepat dan dapat digunakan horizontal maupun vertikal. “Ini membantu kami mempersembahkan karya eksperimental dengan gaya ready-to-wear yang ekspresif di runway JFW 2025,” jelas Sheila.

Diketahui, Philips mengenalkan setrika uap terbarunya, Handheld Steamer 5000 Series. Setrika ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan seri-seri sebelumnya.  Marketing Manager PT Versuni Homelife Indonesia Prima Nestiti Paramita menerangkan Handheld Steamer 5000 Series dapat membantu proses setrika lebih cepat dan mudah dalam menghilangkan kerutan pada pakaian.
 

Philips Handheld Steamer Series 5030. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Philips Handheld Steamer Series 5030. (Sumber gambar: Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

“Tentunya untuk fashion enthusiast, terutama para desainer, produk ini juga no burn guarantee, most powerful, most stylish, and most flexible,” tutur Prima.

Prima menyebut saat ini banyak desainer bermain dengan berbagai macam bahan dan pattern yang semakin lama semakin susah diserika. Oleh karena itu, Philips katanya memberi dukungan dengan meluncurkan produk setrik uap ini agar mereka bisa lebih bebas berekspresi.

Bicara fitur lebih lengkap, Philips Handheld Steamer 5000 Series akan panas hanya dalam 35 detik dan tentunya pengguna tidak perlu menyiapkan papan setrika ketika ingin menggunakannya. Cukup gantung pakaian dan pakai setrika uap ini untuk menghilangkan kekusutan.

Baca juga: Koleksi Busana Jan Sober dan MORAL di JFW 2025, Estetika Avant-garde nan Futuristis

Sebagai tambahan informasi, di pasaran, ada banyak pilihan produk steamer dengan kualitas serupa seperti Bolde, Sonifer, Oxone, GM Bear, dan sejumlah produk China dengan harga terjangkau.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Origami House, Rumah Karya Arsitek Indonesia Raih Penghargaan di Eropa

BERIKUTNYA

Mengenal Perbedaan Gyoza, Mandu dan Wonton, Yuk Coba Resepnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: