Origami House. (Sumber gambar: MSSM Associates)

Origami House, Rumah Karya Arsitek Indonesia Raih Penghargaan di Eropa

23 October 2024   |   15:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Karya-karya arsitektur Indonesia makin diakui di kancah internasional. Arsitek Revano Satria meraih penghargaan bergengsi kategori Architecture Single Residence Cyprus 2024 di ajang European Property Awards 2024. Penghargaan ini diraihnya berkat Origami House, karya arsitekturnya yang berada di Nikosia, Siprus. 

European Property Awards yang diadakan di London, Inggris, merupakan penghargaan internasional yang diberikan kepada karya-karya unggulan dari berbagai sektor seperti arsitektur, pengembangan (development), desain interior, dan real estat. 

Penghargaan ini diberikan untuk karya-karya di 9 wilayah meliputi Afrika, Asia Pasifik, Arab, Kanada, Karibia, Amerika Tengah & Selatan, Eropa, Inggris, dan Amerika Serikat. 

Baca juga: Viro Pavilion Rancangan Arsitek Yori Antar Usung Desain Rumah Adat Nggela

Di ajang tersebut, Origami House karya Revano Satria mewakili firma arsitektur internasional MSSM Associates. Dia menjadi salah satu pendiri firma dengan beberapa arsitek dari berbagai negara, yakni Siprus, Lebanon, dan Inggris. Selain MSSM Associates, Revano juga memimpin firma arsitektur lain yakni RSI Group. 

"Hasil coretan tangan yang menjadi bangunan kami di Eropa berhasil memenangkan penghargaan Internasional pertamanya. Origami House, salah satu karya Internasional pertama kami yang dengan segala perjuangan berhasil terbangun ternyata mendapat sambutan yang sangat baik dari komunitas arsitek lokal di Eropa," kata Revano dikutip dari akun Instagramnya.
 

Dilansir dari situs MSSM Associates, seperti namanya, Origami House adalah sebuah rumah dengan desain arsitektur yang terinspirasi dari logika origami. Lokasi rumah in terletak di tepi area perumahan yang sedang berkembang di pinggiran barat Nikosia, ibu kota Siprus.

Rumah yang dibangun pada 2021 ini menggabungkan keindahan desain minimalis dengan kompleksitas filosofi Jepang pada origami. Rumah ini menonjolkan seni melipat kertas yang diterjemahkan ke dalam desain arsitektur, di mana bentuk tiga dimensi tercipta melalui lipatan-lipatan yang estetis.

Terinspirasi oleh kecintaan pemilik rumah terhadap budaya Jepang, desainnya memadukan seni tradisional Negeri Sakura dengan sentuhan modernitas. Walaupun bangunannya unik, interiornya tetap mempertahankan kesederhanaan, mengikuti prinsip dasar arsitektur negara tersebut.

Konsep lipatan yang membentuk ide utama bangunan ini juga diterapkan ke dalam desain lanskap dan ruang interiornya, menciptakan harmoni antara eksterior dan interior.
 

g

Origami House. (Sumber gambar: MSSM Associates)

Dengan bentuk struktur origami, ruang-ruang dalam rumah ini hadir dalam struktur secara bentuk kompleks, tetapi sederhana secara layout hunian. Secara internal, desain ini bertujuan untuk menonjolkan pandangan yang luas dan tidak terhalang fasad di bagian barat daya, dengan menggunakan fasad kaca panjang yang dapat dibuka, sehingga terdapat ruang utama hunian.

Sebaliknya, fasad pada bagian timur laut dengan bukaan kecil tersembunyi, mengakomodasi semua ruang sekunder dengan penataan memanjang, guna menjaga privasi penghuni antara ruang komunal dan area pribadi rumah.

Selain itu, desain arsitektur Origami House juga menggunakan kantilever "pintar" dan panel logam eksternal untuk melindungi permukaan kaca yang besar pada bagian fasadnya. Dengan begitu, dapat mengontrol suhu dalam rumah baik saat musim panas maupun musim dingin. Termasuk, mempertimbangkan kenyamanan suhu dengan kehadiran ventilasi-ventilasi alami pada rumah.

"Berdasarkan prinsip origami triangulasi, bangunan ini pada dasarnya adalah sekumpulan permukaan yang saling terhubung secara diagonal, menonjolkan sisi lingkungan dan kontras dengan geografi. Semua ini, bersama dengan vegetasi alami yang tersembunyi, menjadi bentuk karya fungsional di alam bebas," demikian tulis MSSM Associates.
 

Origami House. (Sumber gambar: MSSM Associates)

Interior Origami House. (Sumber gambar: MSSM Associates)

Revano Satria merupakan arsitek yang dikenal dengan karya-karyanya yang telah memenangkan banyak penghargaan, baik tingkat nasional maupun internasional. Hasil kerjanya kerap menampilkan desain yang inspiratif sekaligus eksentrik. Salah satu yang paling dikenal publik ialah rumah Andara milik Raffi Ahmad.

Revano merupakan lulusan AA School of Architecture, London dan mendapatkan gelar master di bidang Emergent Technologies and Design pada 2008. Saat ini, dia dikenal sebagai CEO dari RSI Group International yang bergerak di bidang jasa desain yang meliputi arsitektur, desain interior, desain furnitur, dan desain grafis.

RSI Group memiliki satu unit arsitek, MSSM Associates yang secara khusus bergerak di proyek-proyek skala internasional dan digawangi oleh 4 orang lulusan AA School of Architecture, yakni Mohammed Makki, Revano Satria, Pavlos Schizas, Michel Moukarzel. Selain itu, Revano juga mendirikan studio desain interior, Revastudio.

Tak hanya berkecimpung di dunia arsitektur dan interior, Revano juga mendirikan perusahaan konstruksi bernama RAH Construction yang didirikan pada 2016. Termasuk, salah satu pendiri LIVAZA.COM, sebuah online marketplace untuk furnitur. 

Baca juga: 5 Desain Arsitektur Dunia yang Menjadi Ikon Hingga saat Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Fakta-fakta Menarik Korea Indonesia Film Festival 2024

BERIKUTNYA

Ini Manfaat Setrika Uap Untuk Merawat Koleksi Busana Para Desainer di JFW 2025

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: