Koleksi Jan Sober (Sumber Foto: Hypeabis.id/Salsabila Rahmadhany)

Koleksi Busana Jan Sober dan MORAL di JFW 2025, Estetika Avant-garde nan Futuristis

22 October 2024   |   08:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Koleksi terbaru dari desainer mode terkemuka Indonesia Jan Sober dan MORAL hadir di ajang Jakarta Fashion Week 2025. Siluet yang tegas dan modern, mulai dari warna elektrik mencolok hingga potongan-potongan busana yang menarik tampil dengan gaya modern serta desain mutakhir dalam koleksi JAN SOBER dan MORAL. Masing-masing menghadirkan visi berani mereka ke ranah mode kontemporer. 

Jan Sober menghadirkan koleksi terbarunya yang melampaui batasan mode modern sambil mengeksplorasi gerakan dinamis dan keanggunan. Terinspirasi oleh filosofi Kodo: Soul of Motion yang secara halus menggabungkan presisi otomotif dengan mode kelas atas, menghasilkan desain yang menyampaikan energi dan keanggunan.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Koleksi Primavera Rancangan Kami. X Daliatex di Panggung JFW 2024

Terdiri dari 14 looks busana pria dan wanita. Untuk busana pria, Jan Sober memadukan jahitan tradisional dengan sentuhan modern, menghadirkan bentuk yang santai namun tetap bermakna. 
 

Koleksi Jan Sober (Sumber Foto: Hypeabis.id/Salsabila Rahmadhany)

Koleksi Jan Sober (Sumber Foto: Hypeabis.id/Salsabila Rahmadhany)


Jaket oversized dan celana panjang yang dililitkan membangkitkan estetika avant-garde namun tetap nyaman dikenakan. Siluet-siluet longgar dan mengalir yang dipadukan dengan jahitan yang tajam, menciptakan keseimbangan visual yang mencolok. 

Paletnya warnanya banyak mengeksplorasi hitam, gading, dan zaitun, yang lembut. Menghadirkan kesan yang tenang, dengan tekstur yang mencerminkan kemewahan bersahaja.

Adapun untuk pakaian wanita, rok-rok bervolume menjadi pusat perhatian yang menciptakan siluet dramatis, menonjolkan keindahan ruang kosong. Korset yang pas juga menciptakan kesan pengendalian diri yang kuat. 

Permainan tekstur matte dan mengkilap menambah kedalaman tampilannya yang tampak menakjubkan di bawah sorot cahaya.

Sesuai dengan gaya khas Jan Sober, koleksi ini menyeimbangkan volume yang berani dengan pengekangan yang anggun, menciptakan pakaian yang ekspresif dan sangat halus. Setiap desainnya merupakan bukti komitmen jenama ini terhadap inovasi, seni, dan perayaan individualitas.

 

 
Di sisi lain, MORAL dengan bangga mempersembahkan koleksi bertajuk EPISODE yang juga sekaligus menjadi busana terbaru keluaran mereka untuk edisi Spring/Summer 2025. Terinspirasi juga oleh filosofi Kodo: Soul of Motion, menghadirkan sesuatu yang merupakan gabungan dari elemen pesona, kekuatan, dan pergerakan dinamis.

MORAL menampilkan 20 looks busana dengan warna-warna bold, seperti merah dari warna merah ikonik Mazda yang tak hanya menyala, tetapi juga mengalirkan energi dan keberanian. Ada juga kuning, hijau, dan biru tua.

Menampilan rangkaian blazer set, hasil perpaduan yang sempurna antara keindahan dan ketangguhan. Siluet lainnya terdiri dari jaket kulit crop, rok pendek, celana panjang, hingga long coat yang anggun.

"Kita berusaha menghadirkan sesuatu yang sifatnya sangat rigid atau kaku, tapi ketika terkena pantulan cahaya bisa dilihat dengan dimensi berbeda," kata Anandika Surasetja, Direktur Kreatif MORAL.

Lebih lanjut dia memaparkan, MORAL memperkenalkan breastplate atau pelat logam hasil kolaborasi dengan Morpachio. Breastplate digunakan sebagai pelindung dada, namun pada era modern ini telah menjadi fesyen item menarik yang menambah kesan futuristis.

"Breastplate ini tak sekadar aksesori, tetapi sebuah fesyen item yang menyiratkan kekuatan dibalut keanggunan, mencerminkan harmoni yang diilhami dari proses seni hingga menjadi bentuk sempurna.” paparnya lagi. 

Baca juga: Label Fashion asal Australia WA-RING dan Yanggurdi Debut di Panggung JFW 2024, Intip Koleksinya!

Secara keseluruhan, koleksi EPISODE adalah sebuah perayaan perpaduan artistik antara desain dan fesyen, di mana kecantikan dan keberanian berpadu dalam satu tarikan napas.

Koleksi Jan Sober dan MORAL itu dihadirkan Mazda sebagai official vehicle partner Jakarta Fashion Week 2025, mempersembahkan show bertajuk Crafted in Style pada Senin (21/10/2024). Ini merupakan kali kedua Mazda Indonesia ikut serta di perhelatan mode bergengsi tersebut. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Resep Gulai Jengkol Padang yang Empuk & Enak

BERIKUTNYA

Film Yakin Nikah Siap Memasuki Proses Syuting

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: