Reza Rahadian dalam film Siksa Kubur (Sumber gambar: Come and See Pictures)

Aktor Reza Rahadian Kembali Masuk Nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2024

19 October 2024   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Aktor Reza Rahadian kembali masuk dalam daftar nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2024. Lewat film Siksa Kubur, Reza akan bersaing dengan Ario Bayu, Arswendy Bening Swara, Ringgo Agus Rahman, dan Yoga Pratama.

Dalam daftar nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik FFI, Reza Rahadian memang langganan masuk kandidat, bahkan meraih gelar aktor terbaik dalam beberapa tahun terakhir ajang penghargaan film paling bergengsi di Tanah Air tersebut.

Baca juga: Siksa Kubur Borong 17 Nominasi Festival Film Indonesia 2024, Disusul Kabut Berduri dan Jesedef

Kali ini, Reza menjadi salah satu nominasi melalui karya Siksa Kubur garapan sutradara Joko Anwar. Terpilihnya sang aktor dalam nominasi membuatnya berkesempatan menambah daftar piala Pemeran Utama Pria Terbaik yang pernah diraihnya tahun lalu. Pada FFI 2023, dia berhasil memenangkan kategori tersebut melalui film Berbalas Kejam.

Pada FFI 2024, Reza masuk nominasi lewat perannya sebagai Adil dalam film Siksa Kubur. Adil adalah karakter yang membantu Sita untuk masuk ke dalam kuburan dan berbaring bersama jenazah yang dirasa paling berdosa.

Keterlibatan dalam film Siksa Kubur ini menjadi kembalinya Reza membintangi genre horor setelah 16 tahun. Sang aktor terakhir kali berperan dalam film horor adalah pada 2008.

Kali ini, Reza akan bersaing dengan Ario Bayu yang berperan sebagai Darta dalam film Samsara karya Garin Nugroho. Karakter Darta adalah pria miskin yang harus mengalami penolakan dari keluarga sang kekasih akibat kondisi ekonominya.

Nama Ario Bayu dalam kategori Pemeran Utama Pria Terbaik FFI pun bukan hal baru. Pria yang pernah berperan dengan aktor pemenang Oscar, Mickey Rourke ini tercatat kerap masuk nominasi bergengsi ini.

Pesaing lainnya ada Arswendy Bening Swara yang masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2024 melalui film Badrun & Loundri, Dalam karya tersebut, Arswendy berperan sebagai Badrun yang dianggap sebagai penyiar agama kala menggunakan pakaian dan sorban pemberian seseorang.

Dia pun segera menjadi tokoh agahinggama dadakan yang diikuti oleh banyak orang. Tidak hanya itu, dia juga menjalankan banyak peran sebagai tokoh agama, seperti menjadi imam salat berjamaah atau membuka usaha konsultasi.

Arswendy adalah aktor yang telah memerankan banyak film dan tercatat pernah masuk dalam nominasi beberapa kategori di ajang Festival Film Indonesia.

Sementara itu, Ringgo Agus Rahman masuk dalam nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2024 melalui film berjudul Jatuh Cinta Seperti di Film-film. Ringgo berperan sebagai karakter Bagus yang berprofesi sebagai penulis skenario.

Kategori Pemeran Utama Pria Terbaik juga bukan sesuatu yang asing bagi Ringgo. Dia tercatat pernah masuk dalam nomiasi Pemeran Utama Pria Terbaik FFI, seperti pada 2006, 2007, dan beberapa lagi.

Baca juga: Daftar Nominasi Penghargaan Piala Citra & Karya Kritik Film Festival Film Indonesia 2024

Adapun, Yoga Pratama menjadi aktor lainnya yang masuk dalam daftar nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2024. Dalam film Kawat Berduri, Yoga berperan sebagai Bripka Thomas Martinus.

Dia merupakan putra daerah yang menjadi polisi dan membantu karakter bernama Senja untuk mengusut kematian beberapa orang di perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Dalam ajang FFI, Yoga pernah memenangkan kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik pada 2008. Namun untuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik  FFI 2024 ini merupaka nominasi pertamanya sepanjang karier keaktorannya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Karya Bersaing dalam Kategori Film Cerita Panjang Terbaik di FFI 2024

BERIKUTNYA

Naik Commuter Line & LRT Jabodebek Hanya Rp1 pada Minggu 20 Oktober 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: