Still Photo Siksa Kubur (Sumber gambar: Come and See Pictures)

Siksa Kubur Borong 17 Nominasi Festival Film Indonesia 2024, Disusul Kabut Berduri dan Jesedef

19 October 2024   |   08:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Komite Festival Film Indonesia baru saja merilis daftar nominasi untuk ajang Festival Film Indonesia 2024, dan film Siksa Kubur dari rumah produksi Come and See Pictures menjadi sorotan utama. Film yang digarap oleh sutradara Joko Anwar ini mendominasi dengan perolehan 17 nominasi, lebih banyak dibandingkan film lainnya di ajang tersebut.

Film Siksa Kubur berhasil masuk ke dalam berbagai kategori prestisius, termasuk Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan masih banyak lagi. Kehadiran film ini di berbagai nominasi menegaskan kualitas cerita, sinematografi, serta akting yang memukau.

Joko Anwar, yang sudah dikenal luas karena karya-karyanya yang berani dan orisinal, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Mendapatkan 17 nominasi untuk film Siksa Kubur merupakan kabar yang menggembirakan,” ujarnya dalam sebuah pernyataan pers yang dirilis pada Sabtu (19/10/2024).

Baca juga: Daftar Nominasi Penghargaan Piala Citra & Karya Kritik Film Festival Film Indonesia 2024
 

Siksa Kubur bercerita tentang karakter Sita yang diperankan oleh Faradina Mufti. Sang karakter tidak percaya terhadap agam setelah kedua orang tua menjadi korban bom bunuh diri.

Sita pun memiliki satu tujuan dalam kehidupan sejak kedua orang tua meninggal dunia, yakni mencari orang yang paling berdosa. Dia ingin ikut ke dalam kuburan orang tersebut ketika meninggal dunia untuk membuktikan bahwa siksa kubur tidak ada dan agama tidak nyata. Namun, keputusan itu memiliki konsekuensi yang mengerikan bagi mereka yang tak percaya.

Aktris Faradina Mufti dan aktor Reza Rahadian menjadi pemeran utama dalam film Siksa Kubur. Faradina memerankan karakter Sita dan Reza menjadi Adil. Selain keduanya, aktor dan aktris yang ikut terlibat dalam karya ini seperti Christine Hakim, Fachri Albar, Happy Salma, Slamet Rahardjo, Arswendy Bening Swara.

Selain itu, pemeran lainnya yang juga terlibat dalam Siksa Kubur adalah Niniek L Karim, Jajang C. Noer, Djenar Maesa Ayu, Putri Ayudya, Runny Rudiyanti, Haydar Salishz, Afrian Arisandy, Ramadhan Al Rasyid, Tony Merle, Mian Tiara, Henry Manampiring, Widuri Puteri, dan dan Muzakki Ramdhan.

Film Siksa Kubur berhasil masuk dalam daftar film peraih box office Indonesia dengan memperoleh lebih dari 4 juta penonton.

Berikut daftar nominasi yang diraih oleh Siksa Kubur:
  1. Film Cerita Panjang Terbaik
  2. Sutradara Terbaik (Joko Anwar)
  3. Pemeran Utama Wanita Terbaik (Faradina Mufti)
  4. Pemeran Utama Pria Terbaik (Reza Rahadian)
  5. Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Slamet Rahardjo)
  6. Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Arswendy Bening Swara)
  7. Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Widuri Puteri)
  8. Penulis Skenario Asli Terbaik (Joko Anwar)
  9. Pengarah Sinematografi Terbaik (Ical Tanjung I.C.S.)
  10. Pengarah Artistik Terbaik (Allan Sebastian)
  11. Penata Suara Terbaik (Mohamad Ikhsan, Anhar Moha)
  12. Penata Efek Visual Terbaik (Lumine Studio, TheCutShop, Canary Studios, The Organism No3G Visual Effect, dan Abby Eldipie)
  13. Penata Busana Terbaik (Monika Paska)
  14. Penata Rias Terbaik (Novie Ariyanti)
  15. Penata Musik Terbaik (Aghi Narottama)
  16. Pencipta Lagu Tema Terbaik (Bemby Gusti, Tia Hasibuan) - Kisah Anak Manusia
  17. Pencipta Lagu tema Terbaik (Tony Merle, Tia Hasibuan) - Jalan Pulang

Menyusul Siksa Kubur, film Kabut Berduri karya Edwin mencatat raihan nominasi terbanyak kedua di Festival Film Indonesia (FFI) 2024. Film ini juga bersaing di kategori utama, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, serta Pemeran Utama Wanita Terbaik (Putri Marino) dan Pria Terbaik (Yoga Pratama). Selain itu, Kabut Berduri meraih nominasi untuk Penulis Skenario Asli Terbaik (Ifan Ismail) dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Lukman Sardi).

Sementara itu, Jatuh Cinta Seperti di Film-Film (Jesedef) karya Yandy Laurens juga menonjol dengan 11 nominasi, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita dan Pria Terbaik (Nirina Zubir dan Ringgo Agus Rahman). Jesedef juga mengantongi nominasi untuk Pemeran Pendukung Pria dan Wanita lewat Alex Abbad dan Sheila Dara.

Ketua Komite Penjurian FFI 2024, Budi Irawanto, mengungkapkan, “Tahun ini, jumlah karya yang didaftarkan mengalami peningkatan signifikan, menunjukkan antusiasme luar biasa para pembuat film.” Dalam pengumuman yang disiarkan di YouTube pada Jumat (18/10), ia menambahkan bahwa ada peningkatan kualitas dalam aspek teknis dan keberanian menjelajahi tema-tema penting, yang bertujuan untuk memperluas wawasan masyarakat tentang budaya Indonesia.

Baca juga: Review Film Siksa Kubur, Minim Parade Jumpscare Tapi Penuh Kengerian

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Daftar Nominasi Penghargaan Piala Citra & Karya Kritik Film Festival Film Indonesia 2024

BERIKUTNYA

Jadwal & Program GIIAS Semarang 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: