Hujan kerap membuat atap rumah bocor (Sumber gambar/ilustrasi: Pexels/ pixabay)

Cara Efektif Mengatasi Atap Bocor Saat Musim Hujan

17 October 2024   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ketika musim hujan tiba, kebocoran atap rumah menjadi salah satu kekhawatiran utama selain banjir. Berbagai faktor dapat menyebabkan kebocoran, seperti genteng yang pecah, dak atap yang retak, atau genteng metal yang terangkat. Semuanya harus segera diatasi.
 
Genteng atap rumah bisa rusak atau pecah karena berbagai hal, seperti hewan kucing, usia yang sudah lama, atau panas yang berlebihan. Sementara itu, dak atap yang retak dan bocor juga dapat terjdai karena kualitas semen yang tidak bagus atau komposisi campurannya yang tidak tepat. 
 
Kondisi-kondisi tersebut membuat atau menciptakan lubang di bagian atap rumah yang tidak terlihat atau tidak berpengaruh ketika musim kemarau. Sementara itu, saat hujan datang, air bisa masuk ke dalamnya dan membuat ruangan di dalam rumah menjadi basah. 

Baca Juga: 7 Cara Aman Berkendara Motor Saat Hujan, Perhatikan Kondisi Ban dan Kecepatan
 
Sementara itu, air yang masuk bisa menyebabkan sofa menjadi basah dan berpotensi rusak atau bau. Barang lainnya yang berupa elektronik juga dapat rusak akibat korslet. Tidak hanya itu, air yang membasahi lantai dapat berpotensi membuat anggota keluarga di dalam rumah terpeleset karena licin. 
 
Agar bocor tidak terjadi dan dampak buruknya tidak dirasakan Genhype, berikut sejumlah tips untuk mengatasi atap bocor dari berbagai sumber;

 

Ganti Genteng

 
Cara pertama adalah dengan mengganti bagian genteng yang mengalami kerusakan jika memang Genhype menemukan ada genteng rumah yang pecah, rusak, atau hilang. Genhype yang menggunakan genteng dari tanah liat dapat mencari genteng yang sama di sejumlah toko bangunan. 
 
Genhype juga perlu memastikan pemasangannya tepat sehingga air tidak masuk dan tidak bocor ketika hujan datang. 
 
 

Gunakan Pelapis Waterproof

 
Sementara itu, Genhype dapat menggunakan pelapis berupa waterproof untuk mengatasi atap bocor jika dak atap atau bagian lainnya mengalami retak atau rusak. Pada saat ini, ada banyak merek pelapis yang tersedia di pasar. 
 
Genhype perlu memastikan bahwa pelapis yang digunakan memiliki kualitas bagus agar dapat menutup lubang atau retak yang terjadi di bagian atap.
 
 

Gunakan Semen untuk Menututp Atap yang Bocor

 
Cara lain yang dapat menjadi pilihan jika ada retakan di dak atas yang menjadi suber kebocoran adalah dengan cara menyemen kembali bagian tersebut. Genhype perlu memastikan langkah tersebut benar-benar menutup retak atau lubang yang ada. 
 
 

Pasang Baut dengan Benar

 
Bagi rumah yang menggunakan atap dengan bahan metal dapat segera membaut kembali genteng tersebut jika terlepas. Genhype juga dapat melakukan penggantian jika merasa genteng tersebut sudah rusak atau bolong karena termakan usia atau intervensi lain dari binatang. 
 
Genhype dapat memilih genteng metal dengan campuran pasir agar tidak berisik ketika hujan datang. Pastikan membautnya dengan benar dan tidak membuat lubang lagi. 

 

Bersihkan Kotoran yang Menumpuk

 
Bocor yang terjadi saat hujan datang juga bisa disebabkan akibat kotoran yang menumpuk, sehingga membuat air menggenang di saluran atau talang, sehingga menyebabkan kebocoran ke dalam rumah. 
 
Genhype bisa menyisiri atap rumah untuk membersihkan talang seperti daun kering, ranting, dan sebagainya yang berpotensi menghambat aliran air. 

Baca Juga: Mengenal Karakter & Keunggulan Rumah Pasif yang Hemat Energi

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Simak Sinopsis Love in the Big City, Drama Korea dengan Cerita Menggugah

BERIKUTNYA

Ide Bekal Praktis & Enak Untuk Anak ke Sekolah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: