Ilustrasi olahraga (Sumber gambar: Tirachard Kumtanom/Pexels)

4 Kiat Mengatasi Stres Berlebih, Dimulai dari Olahraga

16 October 2024   |   22:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Dalam kesibukan sehari-hari, stres seringkali menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas manusia. Dari tekanan deadline pekerjaan, tugas kuliah yang menumpuk, masalah keuangan, hingga kemacetan saat berkendara, semua faktor ini dapat berdampak pada kesehatan mental manusia. 

Oktober merupakan bulan yang penting dalam menggerakan kesadaran kesehatan mental. Sebagaimana diketahui, Hari Kesehatan Mental Dunia yang diperingati setiap 10 Oktober menjadi pengingat pentingnya memberikan perhatian khusus pada kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, kasus kesehatan mental tercatat juga makin meningkat. Misalnya, dengan prevalensi depresi di Indonesia yang mencapai 1,4% pada 2023.

Baca juga: Anak Juga Bisa Stres, Cek Gejala & Cara Mengawal Kesehatan Mental Si Kecil

Tak sedikit kasus-kasus kesehatan mental ini dimulai dari stres yang berkepanjangan. Untuk itu, penting bagi Genhype untuk mengetahui cara meminimalisir stres dari tekanan yang terjadi sehari-hari. Melansir Cove, simak tips mengatasi stres berlebih di tengah rutinitas yang padat.


1. Olahraga untuk Kesejahteraan Diri

Olahraga adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan mental. Salah satu bentuk olahraga yang banyak dipilih adalah yoga yang menggabungkan gerakan fisik dengan teknik pernapasan dan meditasi. Dengan melakukan yoga secara rutin, kita dapat meredakan ketegangan otot dan pikiran, sekaligus meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Genhype dapat memulai dengan kelas Hatha atau Yin Yoga yang fokus pada pernapasan dan postur dan terbilang cocok untuk pemula.

Jika merasa percaya diri, kelas Vinyasa atau Ashtanga bisa menjadi pilihan menarik dengan gerakan yang lebih dinamis. Namun, tidak hanya yoga yang bermanfaat, aktivitas fisik lain seperti berlari, bersepeda, atau bahkan berjalan kaki juga dapat membantu mengurangi stres. Kunci utamanya adalah menemukan jenis olahraga yang kamu nikmati, sehingga kamu lebih termotivasi untuk melakukannya secara rutin.


2. Manajemen Waktu Tidur

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik. Kekurangan tidur dapat menyebabkan masalah konsentrasi, perubahan mood, dan bahkan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam. Menetapkan rutinitas tidur yang konsisten sangat dianjurkan. Genhype bisa coba bangun dan tidur pada jam yang sama setiap hari.

Selain itu, hindari kebiasaan buruk sebelum tidur seperti menggunakan gadget atau mengonsumsi kafein. Sebab, hal ini bisa mengganggu pola tidur. Alih-alih, cobalah aktivitas relaksasi seperti membaca atau mendengarkan musik lembut. Membuat lingkungan tidur yang nyaman juga penting dengan pastikan tempat tidurmu bersih dan tenang agar bisa tidur nyenyak.


3. Dekorasi dan Membuat Kamar Rapi

Lingkungan tempat kita beristirahat dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkat stres. Ruang yang bersih dan teratur bisa meningkatkan kualitas waktu sendiri. Cobalah untuk menghias kamar dengan elemen-elemen yang menenangkan, seperti tanaman hias yang bisa menyegarkan udara, diffuser untuk aromaterapi, atau lukisan-lukisan estetik yang menambah keindahan.

Gunakan bantal dan selimut yang berkualitas untuk menciptakan suasana nyaman. Pastikan juga untuk segera membereskan sisa makanan, pakaian kotor, dan barang-barang yang tidak terpakai agar pikiran tetap fokus dan tidak teralihkan oleh kekacauan. Dengan menciptakan ruang yang harmonis, Genhype akan merasa lebih tenang dan siap menghadapi tantangan sehari-hari.


4. Berkumpul dengan Orang Terdekat

Dukungan sosial adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi stres. Menghabiskan waktu bersama teman, pasangan, atau keluarga dapat membantu meringankan beban pikiran. Curhat tentang masalah yang dihadapi bisa memberikan perspektif baru serta dukungan emosional yang diperlukan.

Namun, jika merasa kesulitan untuk bercerita, kamu bisa melakukan aktivitas lain untuk mengalihkan perhatian dari stres, seperti mengunjungi kafe, bermain board games, atau bahkan melakukan staycation singkat. Ini dapat menjadi waktu yang menyenangkan untuk bersantai dan menikmati kebersamaan.

Jangan ragu juga untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan. Bimbingan dari seorang ahli dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam mengatasi masalah mental yang kompleks.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Cek Faktor Tersembunyi di Balik Stres yang Sering Dialami Masyarakat Kota

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kolaborasi dengan DJ Khaled, Seventeen Rilis Mini Album Spill The Feels

BERIKUTNYA

Sejarah dan Tema Hari Pangan Sedunia 2024, Akses Makanan Bergizi untuk Semua Orang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: