Ilustrasi orang tua yang merasa muda. (Dok. Ron Lach dari Pexels)

Orang yang Selalu Merasa Muda Cenderung Panjang Umur, Kok Bisa?

23 May 2021   |   15:41 WIB

Sebuah studi terbaru hasil publikasi Asosiasi Psikologi Amerika dalam jurnal Psychology and Aging (Psikologi dan Penuaan) menunjukkan orang dewasa yang merasa muda akan cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik dan hidup lebih lama.

Pusat Gerontologi Jerman melakukan studi ini kepada 5.039 partisipan berusia di atas 40 tahun dalam Survei Penuaan Jerman, di mana studi ini menanyakan bagaimana hubungan yang dirasakan orang-orang terhadap perasaan keseluruhan dari kesehatan atau kesejahteraan mereka.

Hasilnya, beberapa faktor seperti usia subjektif atau usia yang dirasakan partisipan punya sejenis pelindung terhadap stres.

Jika diperinci, partisipan yang melaporkan stres yang lebih besar dalam hidupnya mengalami adanya penurunan kesehatan selama tiga tahun dan ini memiliki keterkaitan yang lebih kuat secara kronologis bagi pasien yang berusia tua.

Perasaan lebih muda dari usia kronologis memiliki keterkaitan dalam rendahnya keterkaitan antara stres dan kesehatan fungsional. Manfaat ini juga bisa meningkatkan usia partisipan.

Studi ini menyimpulkan bahwa merasa lebih muda dari usia kronologis punya manfaat untuk meredakan stres serta punya peran dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan seiring dengan penuaan pada tubuh.

Genhype, jadi tidak masalah lho untuk merasa lebih muda dari usia yang sebenarnya. Sebab, para peneliti dalam studi ini juga memberikan saran bahwa perlu adanya intervensi yang bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan di kalangan orang dewasa yang sudah tua.

Akan tetapi, studi ini sendiri masih membutuhkan pengembangan untuk mengetahuui intervensi seperti apa yang bisa bekerja lebih baik bagi kalangan ini.

Sejauh ini, ada beberapa cara untuk merasa lebih muda dan para ahli menyebutkan cara ini bisa dimulai dari mengubah pola pikir seseorang.

Ini bisa dimulai dengan merekfleksikan ke diri sendiri tentang usia hari ini dan dilanjutkan dengan melakukan berbagai cara untuk melibatkan beberapa gaya hidup dalam rutinitas sehari-hari seperti melakukan hobi dan melakukan eksplorasi ke beberapa tempat.

Jadi gimana, Genhype? Berani untuk mulai merasa lebih muda dengan teman-teman milenial atau Gen Z lainnya?

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Band Metal Italia Måneskin Juarai Kontes Lagu Eurovision

BERIKUTNYA

5 Drama Korea Ini Segera Tayang pada Juni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: