Engin Akyurt (Dok. Unsplash)

Jaga Kesehatan Mental dengan 4 Kegiatan Ini Yuk!

19 May 2021   |   10:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Banyak dari kita mungkin berharap bahwa 2021 akan menjadi tahun dengan kondisi yang jauh lebih baik dibanding 2020 saat pandemi Covid-19 mulai terjadi. Sayangnya hal itu belum bisa terwujud ya Genhype karena nyatanya sampai saat ini pandemi belum juga berakhir.

Bahkan, saat ini di beberapa negara sedang terjadi gelombang kedua pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak kesedihan serta masalah kecemasan dan stres akibat banyaknya masalah akibat pandemi.

Selain menjaga kesehatan fisik, penting juga lho Genhype untuk menjaga kesehatan mental kita di tengah kondisi seperti sekarang ini. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres dan cemas selama pandemi.

1. Menulis jurnal harian
 

Cathryn Lavery (Dok. Unsplash)

Cathryn Lavery (Dok. Unsplash)

Kamu bisa mengekspresikan dan menuangkan suasana hati dengan menulis jurnal. Kegiatan ini diketahui memiliki efek positif seperti menenangkan dan menjernihkan pikiran, mengidentifikasi dan menerima emosi kamu, melepaskan perasaan terpendam dan stres sehari-hari, dan melepaskan pikiran negatif. Tulis tentang perasaan kamu, tulis tujuan kamu, buat daftar, atau bahkan corat-coret sekalipun tidak masalah selama itu yang kamu ingin ungkapkan.

2. Buat proyek kreatif  DIY (Do It Yourself)
 

Sigmund (Dok. Unsplash)

Sigmund (Dok. Unsplash)

Membuat proyek DIY bisa membantu otak kamu berfungsi secara kreatif dan membantu mengurangi pikiran negatif. Ada banyak kerajinan yang bisa kamu buat dengan sumber-sumber referensi seperti Youtube atau Pinterest.

3. Kurangi waktumu untuk media sosial
 

Robin Worrall (Dok. Unsplash)

Robin Worrall (Dok. Unsplash)

Media sosial memang punya peran penting untuk menyebarkan informasi. Namun, penting juga untuk mengurangi waktu kamu di media sosial, karena terus-menerus terpapar informasi negatif dapat memicu kecemasan dan stres. Penting untuk tetap mendapat informasi, tetapi informasi yang berlebihan dapat memperburuk emosi kamu dengan cara yang tidak sehat

4. Olahraga
 

Jonathan Borba (Dok. Unsplash)

Jonathan Borba (Dok. Unsplash)

Kesehatan fisik dan mental sama-sama penting. Kamu bisa memulai olahraga ringan secara rutin di rumah untuk membantu melepaskan endorfin “perasaan baik” yang dapat mengurangi gejala kecemasan atau stres.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Generasi Terbaru Earphone Pintar

BERIKUTNYA

Hati-Hati Banyak Pencurian Kata Sandi, Coba Tips Berikut Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: