Hanni NewJeans. (Sumber foto: Newjeans_ADOR/X)

Hanni NewJeans Akan Bersaksi di Majelis Nasional Korea Soal Perundungan di Industri K-Pop

11 October 2024   |   14:11 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Setelah perseteruan yang panjang antara agensi NewJeans, Ador Entertainment dan HYBE Labels, NewsJeans sempat menghebohkan industri K-Pop dengan pernyataan mereka melalui sebuah video yang diunggah di YouTube. Namun, video tersebut kemudian dihapus tidak lama setelah mereka mengunggahnya. 

Salah satu pernyataan yang cukup mengejutkan penggemar adalah penjelasan dari salah satu member NewJeans, Hanni, yang mengatakan bahwa dirinya dan para member mengalami perundungan berupa dikucilkan oleh HYBE Labels.

Baca juga: Ini Pernyataan Lengkap NewJeans Soal Konflik Min Hee-jin vs HYBE

Dilansir dari NME, Hanni diundang oleh Komite Lingkungan dan Perburuhan Korea Selatan sebagai saksi referensi untuk memberikan kesaksian dalam audit nasional mendatang yang akan membahas pelecehan di tempat kerja, khususnya dalam industri hiburan. Hanni akan memberikan kesaksian terkait perundungan dalam industri K-Pop. 

Meskipun saksi referensi tidak diharuskan untuk menghadiri audit, tapi dalam pernyataannya dalam Phoning atau platform untuk komunitas penggemar NewJeans, Hanni telah membulatkan tekadnya untuk pergi ke Majelis Nasional Korea dan memberikan kesaksiannya. 

Menurut Korea JoongAng Daily, Hanni mengatakan, “Jangan khawatir, saya melakukan ini untuk diri saya sendiri, para anggota NewJeans, dan untuk Bunnies [sebutan untuk penggemar NewJeans]. Saya tidak takut. Saya ingin pergi.”

Hanni juga menambahkan meskipun dirinya tidak yakin akan hasilnya, namun setelah melalui pertimbangannya yang panjang dan keras, dirinya memutuskan untuk pergi sebagai saksi dan meyakini bahwa pengalaman ini nantinya akan menjadi pelajaran dan pengalaman yang berharga untuk dirinya. 

Dilansir dari The Korea Times, kontroversi ini bermula pada 11 September 2024, ketika NewJeans mengunggah video kesaksian mereka di YouTube dan mengatakan bahwa salah manager dari grup di bawah naungan HYBE Labels yang melakukan perundungan verbal terhadap dirinya. Para member juga mengungkapkan keinginan mereka untuk meminta Min Hee Jin, mantan CEO Ador, ditunjuk kembali menjadi CEO. 

Beberapa penggemar berasumsi bahwa manager yang dimaksud adalah manager ILLIT. Menanggapi hal tersebut, Belift Lab, agensi ILLIT sekaligus anak perusahaan HYBE Labels menyangkal tuduhan tersebut, “Manager ILLIT tidak pernah memerintahkan siapapun untuk mengabaikan anggota NewJeans dan anggota ILLIT selalu menyapa NewJeans ketika berpapasan.”

Kontroversi ini semakin dihebohkan atas pernyataan ibu dari dua anggota NewJeans yang melayangkan kritik terhadap penyelidikan HYBE dan CEO Ador yang baru atas segala permasalah yang terjadi. Mereka juga mencurigai adanya tindakan penghapusan rekaman CCTV dan mempertanyakan kembali kenetralan HYBE. 

Hal ini lah yang mendorong Komite Lingkungan Hidup dan Ketenagakerjaan Majelis Nasional untuk menunjuk Hanni sebagai saksi referensi dan Kepala Sumber Daya Manusia HYBE, Kim Joo Young, yang juga menjabat sebagai CEO Ador Entertainment yang baru, sebagai saksi untuk audit komperhensif pada 15 Oktober 2024.

Baca juga: NewJeans Akhirnya Buka Suara soal Konflik Agensi HYBE & ADOR

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Film Thriller Crime The Order Rilis Trailer Perdana, Bakal Tayang Desember 2024

BERIKUTNYA

Daftar Konser Akhir Pekan 11-13 Oktober 2024, Ada Day6 hingga Lintas Melawai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: