Venus Aerospace (Sumber: YouTube/Venus Aerospace)

Pesawat Jet Hipersonik Sedang Dikembangkan, Perjalanan New York-London Cuma 1 Jam

09 October 2024   |   11:51 WIB
Image
Muhammad Diva Farel Ramadhan Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Perusahaan kedirgantaraan asal Texas, Venus Aerospace, sedang merancang pesawat jet hipersonik bernama Stargazer. Pesawat ini diproyeksikan mampu menempuh perjalanan dari New York ke London hanya dalam waktu satu jam, jauh lebih cepat dibandingkan dengan pesawat komersial mana pun saat ini. 

Stargazer bakal terbang lima kali lebih cepat dari kecepatan suara, membuatnya menjadi pesawat “hipersonik”. Pesawat ini juga dirancang untuk terbang lebih tinggi daripada pesawat lain. Selain mengembangkan pesawatnya, Venus Aerospace juga memperkenalkan mesin yang digunakan untuk Stargazer.

Baca juga: Deretan Koleksi Kapal Superyacht Bos Teknologi Dunia, Harga Selangit dengan Teknologi Tercanggih
 
Melansir dari Daily Mail Rabu (9/10/2024), mesin yang dinamakan Venus Detonation Ramjet 2000 lb Thrust Engine, yang juga dikenal sebagai ‘VDR2’ dipamerkan dalam acara Up Summit.

Salah satu pendiri Venus Aerospace Andrew Duggleby mengatakan bahwa mesin tersebut akan menjadi penggerak revolusi penerbangan berkecepatan tinggi. 

“Mesin ini membuat ekonomi hipersonik menjadi kenyataan,” ujarnya. Mesin VDR2 bakal mencapai kecepatan Mach 6 atau enam kali kecepatan suara, yaitu 7,409 km/jam.



Jika disetujui untuk perjalanan komersial, jet seharga US$33 juta ini dapat menyelesaikan perjalanan sejauh 5.567 km dari New York ke London dalam waktu kurang dari satu jam.

Meski konsep Stargazer telah dirilis dalam bentuk gambar, belum ada kejelasan kapan prototipe berukuran penuh akan siap. Stargazer akan menjadi pesawat komersial pertama yang terbang lebih cepat dari kecepatan suara sejak Concorde, yang pensiun lebih dari dua dekade lalu. 

Concorde, pesawat penumpang supersonik pertama di dunia, hanya diizinkan terbang di atas Atlantik pada rute Paris-New York dan London-New York selama 27 tahun sebelum dihentikan operasinya pada Oktober 2003. Sejak itu, belum ada pesawat komersial yang mampu melampaui kecepatan suara.

Stargazer diproyeksikan tidak hanya lebih cepat, tapi juga mampu terbang pada ketinggian hingga 110.000 kaki. Pesawat ini akan lepas landas dengan mesin jet tradisional sebelum beralih ke mesin VDR2, yang menggunakan teknologi roket dan ramjet untuk mempercepat kecepatan hipersonik.

Baca juga: Kenalan dengan 3 Pesawat Legendaris & Tercanggih Rancangan Lockheed Martin

Di masa depan, persaingan dalam penerbangan supersonik semakin memanas, terutama dengan NASA yang sudah mempersiapkan pesawat X-59 yang mampu melaju hingga 1.500 km per jam, serta Boom Supersonic dengan pesawat Overture-nya. 

Kecepatan Stargazer yang diproyeksikan mencapai Mach 6 atau enam kali kecepatan suara akan menjadi terobosan baru di industri penerbangan. Meski begitu, pencapaian Concorde dan Bell X-1 yang melampaui batas suara tetap menjadi inspirasi besar bagi kemajuan ini. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Sempat Cedera, Begini Kondisi Penjaga Gawang Maarten Paes Menjelang Kontra Bahrain

BERIKUTNYA

Apa Itu Sea Moss yang Rutin Dikonsumsi Kim Kardashian hingga Bella Hadid

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: