Pramugari di dalam kabin pesawat. (Sumber gambar : Garuda Indonesia)

8 Kode Rahasia Pramugari dan Pilot di Pesawat, Ada yang Bikin Senyum

23 November 2022   |   14:46 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pramugari menjadi bagian penting di dalam pesawat. Mereka bertugas melayani dan membagikan informasi kepada penumpang seputar penerbangan yang sedang berlangsung. Tugas lainnya yakni berkomunikasi dengan pilot atau awak kabin lainnya untuk kelancaran jalannya transportasi udara ini. 

Namun demikian, komunikasi antara pilot dan pramugari atau sesama pramugari tidak bisa leluasa ketika berada dalam penerbangan. Biasanya mereka menggunakan kata atau kode khusus yang mungkin terasa asing didengar penumpang. 

Kata atau kode ini biasanya menggambarkan situasi di dalam kabin pesawat, termasuk membicarakan penumpang lho. Nah, biar tidak penasaran, berikut ini beberapa kode rahasia yang sering dipakai pramugari saat penerbangan berlangsung. 

Baca jugaMengenal Flightradar 24, Layanan Lacak Penerbangan Pesawat Secara Online


1. Bob

Istilah ini diambil dari singkatan best on board. Kata penulis buku Confessions of a Qantas Flight Attendant dan juga mantan pramugari, Owen Beddall, Bob digunakan untuk memberitahu sesama pramugari bahwa ada penumpang yang berpenampilan menarik. 

Dengan kata lain, kode ini menunjukkan ketertarikan pramugari tersebut terhadap penumpangnya. Kamu pernah dengar Genhype? Kalau dengar pramugari menyampaikan kode tersebut di dalam pesawat yang kamu tumpangi, jangan lupa ditanya ya siapa orangnya.


2. Hot coffee

Kode lainnya yang menunjukkan penumpang incaran pramugari adalah Hot Coffee. Pramugari Emily Witkop dalam sebuah wawancara menyatakan kode ini cukup populer di kalangan pramugari. 

“Kalau kamu berkata ‘Saya punya kopi panas di 3B!' Ini berarti ada penumpang yang sangat menarik di kursi khusus itu yang harus dilihat oleh pramugari lainnya,” ungkap Emily dikutip dari The Sun, Rabu (23/11/2022). 


3. Cheerio

Biasanya ini disampaikan ketika penumpang yang menarik perhatian sang pramugari hendak turun dari pesawat. Sebagai pramugari, mereka memang harus menjaga profesionalitas dengan tidak menunjukan perasaan secara terang-terangan terutama kepada penumpang. 

Oleh karena itu, ketika ada pramugari yang berdiri di depan pintu pesawat tidak mengucapkan selamat jalan, terima kasih, hati-hati, melainkan cheerio, berarti dia menyukai kamu. “Kamu harus melakukannya dengan seorang teman dan tantangannya adalah menjaga pandangan tetap lurus,” sebut Beddall. 


4. Crop dusting

Jika kode sebelumnya menunjukkan suka atau kagum terhadap penumpang, crop dusting mungkin sebaliknya. Pramugari akan menyampaikan kata ini ketika ada penumpang yang bersikap sangat kasar dan menyulitkan kerja mereka. 

Biasanya kode ini disampaikan pramugari seraya melewati penumpang yang menjengkelkan tersebut untuk memberi tahu kepada pramugari lainnya. 


5. Slam click

Kode ini dipakai pramugari untuk memberi tahu kepada rekannya bahwa ada penumpang yang tidak suka bersosialisasi selama penerbangan alias tidak mau diganggu. 


6. 7500

Mungkin kode ini menjadi salah satu yang tidak ingin kamu dengar. 7500 merupakan kode bahwa pesawat yang sedang kamu tumpangi sedang dibajak dan menjadi ancaman bagi awak kabin. 


7. Air pocket

Biasanya kode ini disampaikan pilot ketika pesawat mengalami turbulensi. Turbulensi adalah ketika ada perubahan aliran udara yang kacau di luar dan membuat perjalanan pesawat menjadi lebih bergelombang.


8. Crosscheck

Kata ini digunakan awak kabin senior. Ini berarti slide darurat yang terpasang di setiap pintu pesawat telah dinonaktifkan. Jika tidak, perosotan tersebut akan terbuka secara otomatis ketika pintu pesawat dibuka. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Profil Henri de Toulouse-Lautrec, Ahli Gambar & Pelukis Poster Legendaris Prancis

BERIKUTNYA

Daftar 7 Pencetak Gol Tercepat di Piala Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: