People on the plane (nationalgeographic.com)

Takut Mabuk saat Naik Pesawat? 7 Tips Ini Dapat Mencegah Mabuk Udara

16 January 2022   |   07:59 WIB
Image
Nabila Yuanita seorang perempuan yang suka berbicara melalui tulisan

Naik pesawat kerap membuat kita kelelahan apalagi perjalanan jauh hingga menghabiskan waktu berjam-jam. Tidak bisa dipungkiri bahwa sepanjang perjalanan kita dapat mengalami hal-hal yang tidak diharapkan seperti mabuk udara. Kondisi ini  mungkin akan terjadi jika kamu belum pernah naik pesawat atau kondisi badanmu sedang tidak fit.

Tentunya sangat tidak enak bukan jika perjalanan terasa kacau karena mabuk udara? Oleh karena itu, sebelum naik pesawat pastikan kamu memerhatikan tips-tips berikut ini. 

1. Konsumsi peppermint

Mengonsumsi  peppermint saat perjalanan dapat membantu menghilangkan mual yang mengakibatkan mabuk udara. Peppermint memiliki rasa yang mampu menyegarkan lidah sehingga dapat meredakan rasa mual. 
 

2. Hindari membaca.

Jika kamu rentan mabuk udara maka sebaiknya membaca selama perjalanan. Aktivitas yang menuntut menundukkan kepala seperti melihat ponsel dan membaca akan menimbulkan rasa pusing sehingga menyebabkan rasa mual. Lebih baik kamu menikmati pemandangan langit dan awan melalui jendela. 
 

3. Minum Obat Antimabuk

Solusi lain jika kamu khawatir mabuk udara saat perjalanan dalam pesawat adalah mengonsumsi obat antimabuk sebelum perjalanan. Kamu juga bisa menyiapkan satu saset obat di sakumu untuk jaga-jaga jika kamu merasakan gejala mual akan muncul.
 

4. Pilih tempat duduk.

Temukan tempat duduk yang nyaman selama perjalanan. Usahakan mencari tempat duduk di dekat jendela dan tidak di sekitar ekor pesawat. Memilih tempat duduk sangat berpengaruh pada kenyamananmu selama perjalanan. Selain itu, gunakan sandaran kepala agar dapat membantumu lebih rileks. 
 

5. Hindari makan terlalu banyak

Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan berat berlebihan. Makan secukupnya dan perbanyak minum air putih untuk menghindari rasa kenyang. Minumlah air putih selama di pesawat untuk mencukupi kebutuhan cairan  tubuh sehingga rasa mual juga bisa hilang. 
 

6. Peregangan badan

Jangan biarkan badanmu lemas dan kaku saat akan melakukan perjalanan jauh. Sebelum naik pesawat sebaiknya lakukan peregangan kecil seperti meluruskan tangan, lari-lari kecil di tempat, dan sesekali menekuk pinggang. Kegiatan ini akan membantu otot tubuhmu lebih rileks dan aliran darah lebih lancar. 
 

7. Hindari makanan pedas

Jika kamu memiliki riwayat sakit maag maupun gerd, jangan pernah sekali-kali makan makanan pedas sebelum naik pesawat. Makanan pedas akan memengaruhi lambungmu dan menimbulkan rasa mual. Maag yang tiba-tiba muncul akan merepotkan kamu karena bisa memperburuk rasa ingin muntah.  

Nah, itu adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum naik pesawat. Jangan biarkan perjalananmu terganggu karena mabuk udara. Kamu dapat menerapkan tips-tips di atas agar perjalananmu terasa nyaman dan menyenangkan. Safe flight, GenHype! 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini 3 Mindset Penting soal Uang dari Buku The Psychology of Money

BERIKUTNYA

Gaya Baru Anne Hathaway Mirip Karakternya dalam Devil Wears Prada

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: