Menjelajahi keindahan alam Taman Nasional Ujung Kulon, destinasi wisata yang menyuguhkan pesona alam tak tertandingi (sumber : https://tnujungkulon.menlhk.go.id/show/index/82/Pulau-Peucang)

4 Destinasi Wisata Seru di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon

05 October 2024   |   19:55 WIB
Image
Sari Kemala Freelance writer

Taman Nasional Ujung Kulon, yang terletak di ujung barat Pulau Jawa, adalah salah satu tempat wisata yang menakjubkan di Indonesia. Dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan juga kekayaan biodiversitas, Ujung Kulon menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik.

Destinasi wisata apa saja yang harus Genhype kunjungi di Taman Nasional Ujung Kulon?


Baca juga: Hypereport: Menilik Bentang Alam dan Bangunan Bersejarah dalam Wisata Indonesia
 

1. Pulau Peucang, surga tersembunyi yang siap memanjakan mata.

Menikmati pesona destinasi wisata Pulau Peucang, tempat dimana pantai pasir putih bertemu dengan lautan biru (sumber : https://tnujungkulon.menlhk.go.id/show/index/82/Pulau-Peucang)

Menikmati pesona destinasi wisata Pulau Peucang, tempat dimana pantai pasir putih bertemu dengan lautan biru (sumber : https://tnujungkulon.menlhk.go.id/show/index/82/Pulau-Peucang)

Destinasi pertama yang wajib Genhype sambangi adalah Pulau Peucang. Dikenal dengan pantainya yang berpasir putih dan air laut yang jernih, pulau ini sangat ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Di sini Genhype bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang yang memukau dan berbagai jenis ikan yang berwarna-warni.

Kita juga bisa melakukan trekking di Karang Copong di mana terdapat bukit koral besar yang bagian tengahnya berlubang karena terkikis air laut. Jika air laut surut, terdapat jalur yang menghubungkan Pulau Peucang dengan bukit karang. Tempat ini sangat Instagramable dan cocok untuk mengabadikan momen liburan.

Lanjutkan perjalanan dengan menyeberang ke Padang Pengembalaan Cidaon. Di Cidaon, Genhype dapat mengamati aneka satwa seperti banteng, merak, rusa, dan babi hutan. Selain itu, terdapat juga situs sejarah peninggalan kolonial Belanda berupa menara mercusuar dan bekas pembangunan dermaga di Tanjung Layar dan Cibom.


2. Pulau Handeuleum, hutan mangrove yang rimbun bersatu dengan keindahan Sungai Cigenter.

 

Menemukan ketenangan di destinasi wisata pulau Handeuleum, diantara hijau alam dan birunya air (

Menemukan ketenangan di destinasi wisata pulau Handeuleum, diantara hijau alam dan birunya air (https://tnujungkulon.menlhk.go.id//home).


Bila Genhype penyuka wisata canoing, maka  wajib datang ke Pulau Handeuleum. Destinasi wisata kedua ini lebih didominasi oleh gugusan hutan mangrove di sepanjang sungai Cigenter.  

Pesona keindahan alur sungai dengan pepohonan mangrove yang rimbun, mendengarkan kicauan burung yang merdu, serta menikmati keanekaragaman hewan yang tinggal di hutan, sangat sayang untuk dilewatkan. Di hulu sungai juga dapat menikmati pemandangan air terjun Cigenter yang memukau. 


3. Pulau Panaitan, petualangan sejati di tengah keindahan alam yang tak terlupakan.

Berselancar di destinasi wisata Pulau Panaitan,  merasakan adrenalin di tengah keindahan alam yang memukau ( sumber : https://booking.tnujungkulon.org/wisata/detail/8)

Berselancar di destinasi wisata Pulau Panaitan, merasakan adrenalin di tengah keindahan alam yang memukau ( sumber : https://booking.tnujungkulon.org/wisata/detail/8)


 

Jika Genhype menyukai aktivitas air, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba surfing di Pulau Panaitan. Pulau dengan teluk yang besar di bagian selatan ini, menawarkan gelombang kelas dunia yang dapat digunakan untuk berselancar. Salah satunya One Palm Point yang terkenal dengan gulungan ombak yang pecah sempurna di atas karang yang dangkal.

Selain berselancar, Genhype juga dapat menyelam di sekitar hamparan karang batu pitak di Legon Butun. Destinasi wisata ini juga memiliki keistimewaan sebagai habitat lumba-lumba hidung botol, biasanya mereka muncul di Legon Bojo secara berkelompok sambil melompat-lompat.


4. Semenanjung Ujung Kulon, rumah bagi keindahan alam dan harapan untuk Badak Jawa yang langka.


Badak Jawa di destinasi wisata Semenanjung Ujung Kulon, keajaiban alam yang harus kita jaga dan lestarikan  (sumber : https://tnujungkulon.menlhk.go.id//home)

Badak Jawa di destinasi wisata Semenanjung Ujung Kulon, keajaiban alam yang harus kita jaga dan lestarikan (sumber : https://tnujungkulon.menlhk.go.id//home)


Salah satu daya tarik utama Taman Nasional Ujung Kulon adalah keberadaan Badak Jawa yang langka. Genhype bisa melakukan trekking di Semenanjung Ujung Kulon untuk mencari keberadaan hewan langka ini. Pada masa lalu, badak ini tersebar luas di wilayah Asia Tenggara, mulai dari Jawa hingga Sumatra. Tetapi akibat gangguan habitat, hewan ini kini hanya tersisa 80 ekor, dan hanya dapat ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon.

Baca juga: Hypereport: Potensi Meditasi & Retret Spiritual Jadi Arah Baru Wisata Dunia

Taman Nasional Ujung Kulon menawarkan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan. Dengan berbagai destinasi wisata menarik yang bisa genhype  eksplorasi, liburanmu akan penuh dengan petualangan dan keindahan alam.

Sudah ngiler belum Genhype untuk pelesiran ke sini? Yuk rencanakan perjalanannya sekarang!

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Update Call of Duty: Mobile Banyak Item Anyar yang Menarik

BERIKUTNYA

Daftar Konser Musik Gratis di Jakarta 5-6 Oktober 2024, Ada Dewa 19 hingga RAN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: