Suasana Art Jakarta 2023. (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Cara ke Venue Art Jakarta 2024 Naik Transportasi Umum

04 October 2024   |   09:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Art Jakarta 2024 siap memikat pencinta dan kolektor seni di Indonesia. Bursa seni tahunan itu akan kembali digelar pada pekan ini, 4-6 Oktober 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Sederet karya seni rupa kontemporer terbaik dari seniman se-Asia Tenggara akan dihadirkan di Art Jakarta 2024, sehingga gelarannya sayang untuk dilewatkan.

Art Jakarta adalah bursa seni tahunan yang memamerkan seni kontemporer dari para seniman berbakat di Asia Tenggara. Setiap tahunnya, pameran ini menjadi wadah yang mempertemukan galeri, seniman, kolektor, dan penggemar seni, menciptakan platform yang dinamis untuk pertukaran seni dan dialog budaya.

Tahun ini, Art Jakarta akan menghadirkan karya-karya dari 73 galeri terkemuka yang terdiri dari 39 galeri dari Indonesia, serta 34 galeri mancanegara termasuk Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, China, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Rusia, dan Australia. 

Baca juga: Harga & Cara Beli Tiket Art Jakarta 2024, Pencinta Seni Wajib Datang

Deretan galeri seni yang berpartisipasi di antaranya adalah A+ Works of Art (Kuala Lumpur), All About Art Gallery (Singapore), LSD (Jepang), The Drawing Room (Filipina), Equator Art Projects (Yogyakarta), Nova Contemporary (Thailand), Puri Art Gallery (Bali), YOD Gallery (Jepang), dan masih banyak lagi.

Sementara itu, jajaran seniman yang akan memamerkan karyanya di Art Jakarta 2024 di antaranya Agus Suwage, Anisa Runawati Pratomo, Kana Fuddy Prakoso, Widi Wardani, HIME, Thavika Savangwongsakul, Syagini Ratna Wulan, Konstantin Khankhalaev, Marcos Kueh, dan masih banyak lagi.

Direktur Artistik Art Jakarta Enin Supriyanto mengatakan antusiasme dari partisipan untuk terlibat dalam Art Jakarta terus tinggi. Hal ini membuat Art Jakarta 2024 kedapatan 4 mitra utama serta 14 mitra kunci baru, yang menandakan partisipasi dari para galeris yang semakin meluas.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Art Jakarta 2024 akan kembali menampilkan sederet karya seni kontemporer melalui berbagai program unggulannya. Dimulai dari AJ SPOT yang bakal kembali menghadirkan platform untuk presentasi instalasi seni istimewa. AJ SPOT dirancang oleh empat seniman berbakat yakni Iwan Yusuf, Syaiful Garibaldi, Tisna Sanjaya, dan Timoteus Anggawan Kusno.

Kemudian, ada AJX, sebuah program kolaborasi Art Jakarta dengan berbagai lembaga seni seperti ISI Denpasar (Bali), Malaysia Pavilion (Kuala Lumpur), dan Eugene Museum (Eugene Kangawa).

Tahun ini, AJ SCENE juga masih ada. Segmen ini ditujukan kepada kolektif seniman, studio, dan proyek untuk mempresentasikan publikasi mereka. Kemudian, Play by UOB Indonesia dan AJ TALKS juga bakal kembali dihadirkan.

Kehadiran sejumlah program tersebut juga yang menjadi alasan Art Jakarta 2024 hadir dengan tempat lebih lega dibanding tahun lalu. Jika sebelumnya event ini hanya menempati 2 ruangan di JIEXPO Kemayoran, yakni Hall B3 dan C3, tahun ini diperluas sampai ke C1.

"Dengan ini, kami juga ingin meningkatkan pengalaman audiens secara keseluruhan, dengan area yang diperluas, fasilitas yang lebih nyaman lagi, dan alur pameran yang lebih baik," kata Enin. 
 

Cara ke Art Jakarta 2024 Naik Transportasi Publik

Art Jakarta akan digelar selama tiga hari yakni 4-6 Oktober 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Lokasinya yang berada di kawasan Jakarta Pusat, membuat venue Art Jakarta 2024 mudah diakses menggunakan transportasi publik.

Untuk sampai ke sana, Genhype bisa menggunakan kendaraan umum seperti Transjakarta, KRL, MRT, dan Mikrotrans. Selain tidak perlu membawa kendaraan pribadi, menggunakan transportasi publik juga bisa terhindar dari kemacetan sehingga mobilitas terasa nyaman.

Supaya Genhype tidak bingung, berikut adalah cara akses ke JIExpo Kemayoran menggunakan Transjakarta/Mikrolet, KRL, dan MRT. 
 

1. Transjakarta/Mikrolet

Untuk sampai ke JIExpo, ada tiga koridor Transjakarta dan Mikrolet yang bisa Genhype pilih yakni TransJakarta 2C (Monas-JiExpo Kemayoran), Transjakarta Jak 33 (Pulogadung -JIEXPO Kemayoran), serta Mikrolet M53 (Pulogadung -JiExpo Kemayoran). Dari halte bus, hanya perlu berjalan kaki sejauh 150 meter atau sekitar 2 menit.


2. KRL

Untuk ke JIExpo menggunakan KRL, Genhype bisa turun di Stasiun Rajawali yang memang dekat dengan venue. Jarak dari Stasiun Rajawali ke JIExpo sekitar 2,3 kilometer. Dari sana, bisa naik transportasi online dengan waktu tempuh sekitar 6-10 menit. Atau, bisa juga naik Mikrotrans JAK120 (Terminal Muara Angke – JIS) dan turun di pemberhentian Jalan Pekan Raya atau Flyover HBR Motik 1. 
 

3. MRT

Selain Transjakarta, Mikrolet, dan KRL, Genhype juga bisa menggunakan MRT untuk ke JIExpo. Kalian bisa naik MRT dari stasiun manapun lalu berhenti di pemberhentian terakhir yaitu Bundaran HI. Dari Bundaran HI, transit menggunakan bus TransJakarta dan naik jurusan Kota atau Harmoni atau Olimo.

Turun di Harmoni dan transit lalu pilih bus JIS3 dengan jurusan Harmoni – Landasan Pacu Timur Kemayoran. Setelah tiba di Halte Landasan Pacu Timur Kemayoran, tinggal berjalan kaki untuk menuju ke JIExpo. 

Sebagai alternatif, bisa juga naik MRT dari stasiun manapun lalu turun di Stasiun MRT Dukuh Atas. Setelah itu, lanjut naik KRL dari Stasiun Sudirman arah Kampung Bandan. Lalu, naik KRL lagi ke arah Bekasi/Cikarang dan turun di Stasiun Rajawali. 

Dari sana, kalian bisa naik transportasi online dengan waktu tempuh sekitar 6-10 menit. Atau, bisa naik Mikrotrans JAK120 (Terminal Muara Angke – JIS) dan turun di pemberhentian Jalan Pekan Raya atau Flyover HBR Motik 1.
 
Adapun, harga tiket masuk ke Art Jakarta 2024 dibanderol Rp150.000 per tiket yang bisa dibeli melalui situs artjakarta.com

Baca juga: Cek 6 Segmen Pameran Seni di Art Jakarta 2024, Ada Ruang Interaktif untuk Anak-anak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil & Sepak Terjang Mario Aji, Pembalap Muda yang Bakal Debut di MotoGP 2026

BERIKUTNYA

Sejarah & Tema Hari Hewan Sedunia 2024, Diperingati Setiap 4 Oktober

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: