Pengunjung mengamati karya dalam pameran Art Jakarta 2023 di JIExpo, Jakarta, Jumat (17/11/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

5 Tip Menikmati Pameran dengan Nyaman & Berkesan saat Berkunjung ke Art Jakarta 2024

04 October 2024   |   14:31 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Para pencinta seni dan kolektor siap-siap semringah akhir pekan ini. Pasalnya, bursa seni rupa internasional paling diantisipasi tahun ini, Art Jakarta 2024, akhirnya dibuka mulai Jumat (4/10/2024) hingga Minggu (6/10/2024) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Art Jakarta 2024 akan kembali memamerkan seni kontemporer dengan fokus pada seniman-seniman Asia Tenggara. Tahun ini, sebanyak 73 galeri terkurasi akan menyajikan karya seni terbaik dari koleksi mereka. Sekitar 39 galeri di antaranya berasal dari dalam negeri, sedangkan 34 lainnya merupakan galeri internasional. 

Baca juga: Cara ke Venue Art Jakarta 2024 Naik Transportasi Umum

Selain itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, Art Jakarta akan menampilkan berbagai karya seni kontemporer melalui berbagai program unggulannya. Dimulai dari AJ Spot, AJX, AC Scene, hingga Play by UOB Indonesia dan AJ TALKS juga bakal kembali dihadirkan. 

Berkunjung ke pameran seni menjadi sesuatu yang menarik dan sebagai alternatif akhir pekan ini. Namun, sebelum datang ke sebuah pameran seni, ada beberapa tip yang bisa dilakukan agar kunjungan bisa lebih berkesan.
 

1. Beli tiket secara online 

Sebelum menikmati bursa seni Art Jakarta 2024, Genhype diwajibkan untuk memiliki tiket masuk ke area pameran. Untuk menghindari antrean, sebaiknya kalian mempersiapkan tiket masuk terlebih dahulu sejak dari rumah, dengan membelinya secara online.

Tiket masuk Art Jakarta 2024 dibanderol seharga Rp150.000. Tiket bisa didapatkan dengan membelinya melalui laman resmi. Dengan membeli tiket lebih dulu, kalian bisa langsung datang dan menikmati pameran begitu sampai di lokasi acara.


2. Pakai tas berukuran kecil 

Saat berkunjung ke pameran Art Jakarta 2024, pengunjung disarankan tidak memakai tas berukuran besar, seperti ransel atau backpack. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan koleksi karya yang dipamerkan. Selain itu, tas kecil juga lebih mendukung mobilitas pengunjung, mengingat lokasi bursa seni ini cukup luas.

Oleh karena itu, demi kenyamanan dan keamanan, Genhype sebaiknya menggunakan tas berukuran kecil ketika berkunjung ke Art Jakarta 2024. Beberapa pilihan model tas yang bisa dipakai seperti totebag, sling bag, pouch, maupun handbag.


3. Buat rencana kunjungan 

Art Jakarta 2024 hadir dengan lokasi yang lebih luas, yakni Hall B3, Hall C3, dan Hall C1. Di dalam tiga ruangan besar tersebut, terdapat ratusan karya yang dipamerkan dari 73 galeri terkemuka, dengan perincian 39 galeri lokal dan 34 galeri mancanegara. Dengan banyaknya ekspresi seni yang ditampilkan, Genhype sebaiknya menyiapkan rencana kunjungan sebelum tiba di lokasi. 

Caranya mudah, pertama kalian perlu terlebih dahulu membaca panduan pameran di meja informasi atau mengunduhnya di laman resmi Art Jakarta. Kedua, cobalah untuk menyusun beberapa galeri atau seniman yang ingin dilihat karyanya. Dengan demikian, waktu berkunjung jadi lebih efektif.

Jika masih ada waktu, tak ada salahnya juga untuk berkunjung ke galeri-galeri lain dan mengeksplorasi diri terhadap berbagai seni yang ditampilkan di pameran ini.


4. Cek aturan dan etika berkunjung 

Ketika mengunjungi bursa seni seperti Art Jakarta, umumnya terdapat beberapa aturan dan etika yang mesti dipatuhi. Hal itu meliputi beberapa hal, seperti dilarang merokok di dalam pameran, tidak makan dan minum di ruang pameran, dan tentu saja tidak merusak karya seni maupun perlengkapan di dalamnya. 

Pengunjung juga dilarang menyentuh karya seni. Kemudian, jika akan mengambil foto, alangkah baiknya untuk meminta izin terlebih dengan stand galeri. Lalu, jika membawa anak-anak, orang tua maupun wali juga mesti memberikan pengawasan.


5. Menikmati karya 

Keberadaan karya seni yang indah memang membuat sebagian orang ingin berfoto. Namun, sebelum berfoto, alangkah lebih baik untuk mencoba memahami makna maupun merasakan perasaan yang timbul secara lebih dalam saat menatap karya tersebut. 

Cobalah untuk melihat karya tersebut sedikit lebih lama, lalu renungilah goresan gambar, bentuk maupun warna yang disuguhkan di dalam karya tersebut. Jika sang seniman hadir di area pameran, tak ada salahnya untuk berinteraksi dengannya. Sebab, di balik sebuah karya yang menarik, terdapat banyak gagasan dan ide yang tak kalah menarik juga untuk digali dan diresapi. 

Baca juga: Harga & Cara Beli Tiket Art Jakarta 2024, Pencinta Seni Wajib Datang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Info People Fest Hari Ini: Line Up, Cara Daftar Menonton hingga Jadwal Open Gate

BERIKUTNYA

Film Konser Olivia Rodrigo: GUTS World Tour Tayang 29 Oktober di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: