Art Jakarta 2024 bakal Kembali dihelat mulai 4 sampai 6 Oktober 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. (sumber gambar: Hypeabis.id/imawan L Nugraha )

Cek 6 Segmen Pameran Seni di Art Jakarta 2024, Ada Ruang Interaktif untuk Anak-anak

11 September 2024   |   21:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira nih buat Genhype penikmat seni. Pasalnya, gelaran Art Jakarta 2024 bakal kembali dihelat pada 4-6 Oktober 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Beragam karya seni, baik dua dan tiga dimensi akan dipamerkan dalam ajang tersebut.

Menjadi gelaran ke-15, pekan seni rupa bertaraf internasional ini juga siap memancangkan daya tariknya sebagai platform pertukaran seni kontemporer di Asia Tenggara. Total akan terdapat 73 galeri dari dalam dan luar negeri yang ikut meramaikan acara yang dihelat sejak 2009 itu. 

Direktur Artistik Art Jakarta, Enin Supriyanto mengatakan, tahun ini Art Jakarta akan menempati area yang lebih besar, yakni di Hall B3 dan C3, dan C1 dengan luas lebih dari 1 hektare. Cakupan pameran ini juga bakal lebih luas dibanding tahun sebelumnya yang hanya menggunakan dua hall

Baca juga: Art Jakarta 2024 Bakal Lebih Meriah, Hadirkan 73 Galeri Seni Lokal dan Mancanegara
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Art Jakarta (@artjakarta)


Ihwal perluasan ruang pamer ini dilakukan untuk memberi gerak dan yang nyaman dan leluasa bagi pengunjung saat menikmati bursa seni tahunan itu. Ditambahnya hall C1 juga difungsikan untuk FnB area, di mana publik seni dapat sejenak istirahat dan menikmati menu yang dijual di tempat tersebut. 

"Ini tak lepas dari saran pengunjung dan media untuk memperluas arena FnB, jadi lebih bisa membuat mereka dapat beristirahat. Nanti akan ada juga VIP Lounge, yang dapat dimasuki oleh pemilik akses," katanya saat temu media pada Rabu, (11/9/24) di Jakarta.

Tahun ini, Art Jakarta 2024 juga telah menyiapkan beberapa segmen pameran yang dapat diikuti pengunjung yang terdiri dari berbagai rangkaian. Dihimpun dari sumber resmi, dan selama temu media, berikut rinciannya: 
 

1. Art Jakarta Galleries 

Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Art Jakarta Galleries akan menjadi segmen utama lebaran seni rupa tahunan ini dengan menghadirkan karya seni rupa dari berbagai galeri di dunia. Tahun ini, akan terdapat 73 galeri dengan rincian 39 galeri dari Tanah Air, dan 34 galeri seni dari mancanegara.

Adapun, beberapa galeri yang berpartisipasi seperti Srisasanti Gallery, Zola Zolu Gallery, Nadi Gallery, Museum of Toys, Semarang Gallery, dan Neo Gallery. Ada pula galeri dari mancanegara seperti LSD, La Lanta Fine Art, 39+ Art Space, Yiri Arts, YOD Gallery, dan masih banyak lagi. 
 

2. Art Jakarta Scene 

Merupakan segmen khusus yang dihadirkan bagi kolektif seniman dan nirlaba untuk menggalang dana bagi kesenian. Program ini dihadirkan untuk ikut memperkuat jejaring seni rupa dengan menyajikan berbagai merchandise dan publikasi. Menurut Enin, program ini merupakan salah satu segmen yang banyak menyita perhatian pengunjung. 
 

3. Art Jakarta Spot 

Pameran ini merupakan platform khusus berupa karya instalasi berukuran besar. Karya yang akan dipresentasikan dalam pameran ini disesuaikan untuk pekan seni ini. Akan ada 8 karya seni yang telah terkurasi untuk dipamerkan di area publik pada segmen Art Jakarta Spot. 

Beberapa di antaranya adalah  seniman Iwan Yusuf dari Studio Jaring, dan Syaiful Garibaldi yang berkolaborasi dengan ROH Project. Ada pula seniman asal Bandung, Tisna Sanjaya, dan Timoteus Anggawan Kusno dari Yogyakarta. Keempat seniman tersebut akan menampilkan karya termutakhir. 
 

4. AJX 

AJX adalah prakarsa kolaborasi antara Art Jakarta dan lembaga atau perusahaan swasta untuk menampilkan koleksi mereka di Art Jakarta bagi audiens yang lebih luas. AJX merupakan peluang bagi publik untuk pertama kali melihat beberapa karya seni koleksi tersebut.

Tahun ini AJX menyajikan kolaborasi dari Institut Seni Indonesia Denpasar (Bali), Paviliun Malaysia (Kuala Lumpur), dan Eugene Studio (Eugene Kangawa) dari Jepang. Salah satunya lewat karya bertajuk white Painting Series, yang akan direspons oleh pengunjung dengan ciuman bibir. 
 

5. Art Jakarta Talks 

Merupakan platform dialog bagi pakar, pengamat, seniman, kolektor, kurator, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan pengunjung. Program dari segmen ini adalah menghadirkan diskusi yang mencakup presentasi dari Hyphen, IVAA (Arsip Seni Rupa Indonesia), dan UOB Indonesia. 
 

6. Art Jakarta Play 

Segmen dari area ini dirancang khusus untuk memberi ruang bermain bagi anak-anak, mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi untuk mengenal seni rupa lewat berbagai aktivitas, yang tahun ini tim Art Jakarta berkolaborasi dengan UOB Indonesia.

Art Jakarta Play tahun ini dibuat dan diampu oleh seniman Nyoman Sani, pemenang UOB Indonesia Painting of the Year 2023. Nantinya sang seniman akan menggagas ruang interaktif Bernama We Are All Beautiful, dengan membuat kolase dari majalah-majalah bekas Bersama anak-anak. 

Baca juga: Antusiasme Publik Terus Meningkat di Gelaran Art Jakarta Gardens 2024 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bakal Stay Lebih Lama, Cek Bocoran Durasi Kunjungan Youtuber IShowSpeed ke Indonesia

BERIKUTNYA

Strategi Shindy Samuel Kembangkan Booster Up di Tengah Persaingan Bisnis Skincare

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: