Andres Iniesta Pensiun pada usia 40 tahun (Sumber foto: Instagram/andresiniesta8)

Legenda Barcelona Andrea Iniesta Resmi Pensiun Oktober Ini

03 October 2024   |   14:00 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Legenda Barcelona, Andres Iniesta, dilaporkan akan mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola pada usia 40 tahun. Saat ini, ia bermain untuk Emirates Club di Uni Emirat Arab, setelah sebelumnya menghabiskan lima tahun bersama Vissel Kobe di Jepang.

Iniesta mengakhiri karier gemilangnya di Barcelona pada 2018. Menurut laporan dari media olahraga AS.com, Iniesta telah menetapkan tanggal untuk pengumuman resmi pensiunnya, yang akan disampaikan melalui akun media sosialnya pada Selasa (8/10/2024).

Melalui akun media sosial dan situs resmi AS, Iniesta mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan dunia sepak bola. Pahlawan Piala Dunia 2010 dan legenda Barcelona ini telah memberitahu para penggemarnya bahwa ia akan membuat pernyataan tentang masa depannya pada hari tersebut, yang kemungkinan besar adalah perpisahan dari kariernya di lapangan hijau.

Baca Juga: Ter Stegen Terpaksa Absen: Apa Itu Cedera Tendon Patela?

Tanggal 8 Oktober 2024 dipilih sebagai hari pengumuman pensiun sebagai penghormatan terhadap nomor jersey ikoniknya, yaitu nomor 8.
 

Pengumuman ini diperkirakan akan menjadi momen emosional, di mana Iniesta mungkin akan mengucapkan selamat tinggal setelah bertahun-tahun berkarier di lapangan hijau.

"Saya akan melakukannya di Barcelona pada hari Selasa depan, bertepatan dengan nomor yang selalu menyertai dan menjadikan saya ikon. Saya juga mengenakan nomor itu selama fase terakhir karier di Uni Emirat Arab, di Emirates FC, meskipun performa saya di sana tidak sebaik yang diharapkan. Namun, itu tidak masalah. Karier saya begitu cemerlang sehingga yang tersisa hanyalah senyuman. Itulah cara saya akan mengingatnya pada tanggal 8," tulis Iniesta, dikutip dari Marca.

Keputusan ini tentunya menjadi perhatian banyak penggemar sepak bola di seluruh dunia, mengingat kontribusi dan prestasi besar yang telah diraih oleh Iniesta selama kariernya. Fans dan rekan-rekannya di dunia sepak bola akan menantikan momen ini dengan penuh rasa hormat dan nostalgia, mengenang perjalanan luar biasa seorang pemain yang telah mengukir sejarah dalam olahraga ini.

Setelah meninggalkan Barcelona pada 2018, Iniesta pindah ke Vissel Kobe di Jepang. Di sana, ia berhasil membawa tim meraih Piala Kaisar Jepang pada 2019 dan Piala Super Jepang pada 2020.

Walaupun sempat didekati oleh Inter Miami, klub MLS milik David Beckham, Iniesta memilih untuk bergabung dengan Emirates Club pada Agustus 2023. Sayangnya, kontraknya di klub Uni Emirat Arab tersebut hanya bertahan enam bulan.

Kini, dengan usianya yang sudah mencapai 40 tahun, Iniesta sepertinya sudah memutuskan untuk pensiun. Dia dikabarkan akan segera memulai karier baru sebagai pelatih dan menyatakan keinginannya untuk kembali ke Barcelona.

Baca Juga: Raphael Varane Gantung Sepatu, Simak Perjalanan Kariernya di Sepak Bola

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Di Antara Lilin dan Canting, Menjaga Batik Tetap Berkelanjutan di Tengah Globalisasi

BERIKUTNYA

Mengenang 100 Tahun Sitor Situmorang, Sang 'Penulis Berbahaya' yang Melintasi Zaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: